Connect with us

KOLOM

Agent of Change

|

Profesi guru mempunyai tempat istimewa dalam kehidupan sosial. Sesuai dengan namanya, guru yang berarti digugu dan ditiru, mengandung makna luar biasa dari sosok seorang guru, yang mana ucapannya digugu dan perilakunya ditiru (kirata dalam bahasa sunda). Wow …ideal, bukan?

Namun, guru pun manusia biasa yang tidak terlepas dari kekurangan. Hal ini perlu disadari oleh semua pihak, baik oleh guru itu sendiri maupun pihak lain.Salah satu upaya untuk menutupi kekurangan-kekurangannya, guru dituntut untuk mengupgrade dirinya agar tidak ketinggalan dalam berbagai hal, termasuk ilmu dan teknologi, berusaha menambah wawasannya dengan cara formal maupun non formal, terbuka terhadap berbagai perubahan dan inovasi baru.

Tentu tidak berhenti di situ, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu harus diimbangi dengan akhlak yang mulia. Proses perbaikan diri seorang guru dalam hal ini amat penting. Bagaimana tidak? Siswa-siswi secara langsung maupun tidak langsung merekam jejak gurunya, mulai dari ucapan hingga sikapnya.

So, attitude guru pun harus diubah, semuanya mengarah ke positif.Singkatnya guru sekarang harus Baper.Lho …, koq Baper?Sttt Baper di sini bermakna positif lho. Seperti yang dikatakan seorang motivator, Baper artinya Bawa Perubahan.Ya… Perubahan yang positif.Perubahan yang dimaksud dilakukan step by step, dan tentu saja melewati proses. Mulailah dengan niat yang tulus, langkah yang bijak.Gimana setuju?Ibda binnafsik.Bismillah ….EN, 2019

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari