Connect with us

KOLOM

Bimtek Penulisan Buku Teks Kurikulum 2013 di Surabaya

|

Demi meningkatkan mutu buku teks Kurikulum 2013 Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) wilayah Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Buku Teks Kurikulum 2013 .  Kegiatan ini dilakukan dalam upaya penyediaan buku teks yang mengacu pada tumbuhnya kompetensi abad XXI,  penguatan pendidikan karakter (PPK), kompetensi berfikir kritis (4C), dan literasi.  Bimtek ini juga bertujuan untuk melatih para penulis buku teks supaya lebih mampu menyajikan buku teks yang layak sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 48 penerbit dan terdiri dari 111 Editor dan juga 111 orang penulisnya selain tentunya juga Guru Penulis dari 54 sekolah. Para peserta tersebut berasal dari 8 provinsi. Sumatera Barat sebanyak 14 orang, DKI Jakarta 12 orang, Jawa Barat 38 orang, Jawa Tengah 50 orang, DI Yogyakarta  9 orang, Jawa Timur 149 orang, Bali 2 orang dan Maluku 2 orang sehingga totalnya 276 peserta.

Kegiatan yang berlangsung  di Hotel Grand Surabaya (17/02/2017) itu dengan rangkaian acara pembukaan, dilanjutkan dengan Presentasi dari Bapak Supriyatno, MA selaku Kabid. Perbukuan, Puskurbuk tentang  Kebijakan Perbukuan. Diteruskan dengan Presentasi dari Ketua Tim Penilaian Buku Teks BSNP, Prof. Dr. Eng. Zaki Su’ud tentang Metode Praktis Penulisan Buku Teks K-13. Diskusi kelas dilaksanakan setelahnya yang terbagi menjadi tiga ruangan SD, SMP dan SMA/K. Prof. Dr. Eng. Zaki Su’ud, Drs. Ariantoni, dan Dr. Muhammad Syaifuddin, MM secara bergantian yang memandu di setiap kelas. Dengan pokok bahasan tentang Kelayakan Isi Buku Teks dan Kelayakan Penyajian yang disesuaikan dengan instrumen penilaian.

Diantara peserta yang hadir tersebut adalah Dra. Anitra Wahyu Nor Harlina yang merupakan Kepala SMP negeri 2 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar dan juga tergabung dengan  Media Guru Indonesia. Beliau mengatakan bahwa kegiatan Bimtek tersebut selain menambah ilmu dan wawasan juga merupakan suatu bentuk kepercayaan untuk terus menghasilkan buku teks yang bermutu dan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Beliau juga menuturkan kegiatan seperti ini diperlukan untuk senantiasa menyempurnakan Buku Teks K-13 dan buku teks lainnya.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari