Connect with us

KOMUNITAS

Buah Literasi Kultural 50% Guru SDN Sukamulya Jadi Penulis

|

Dua tahun sudah kiprah Forum Gumeulis di tatar priangan timur. Ternyata keberadaanya banyak memberikan manfaat dalam membudayakan menulis di kalangan para guru. Hal tersebut dirasakan oleh para guru SDN Sukamulya Kec. Bungursari Kota Tasikmalaya. Sungguh membanggakan di tengah problematika kelemahan guru dalam membuat karya ilmiah. Guru-guru SDN Sukamulya melakukan pembuktian bahwa guru bisa menulis, karena hampir 50% gurunya telah menerbitkan karya ilmiahnya di HU Kabar Priangan.

Dari guru yang berjumlah 20 orang, sudah 10 guru yang telah menerbitkan karya ilmiah populernya.”mudah-mudahan tahun 2018 targetnya 90% guru-guru bisa menulis”, harap Irvan Kristivan, M.Pd, pionir gerakan literasi SDN Sukamulya.

Selain Literasi untuk para guru, literasi siswa juga tergolong maju. Disamping Literasi dasar yang telah dijalankan dengan menerbitkan berbagai buku karya siswa, juga ada gerakan literasi alam serta literasi media. Gerakan literasi siswanya diberi nama “MASAGI”, yang mewadahi berbagai aktifitas literasi siswa.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung