oleh

Dua Sekolah di Pangandaran Kunjungi SMK Bakti Karya Parigi

KABARSEKOLAH.ID – Sekolah Alam Pangandaran dan SD Ma’arif Al Barokah mengunjungi SMK Bakti Karya Parigi pada Kamis, 11 Nopember 2021. Kunjungan dua sekolah itu merupakan bagian dari kegiatan outing class dan pembelajaran tematik.

“Kami mengajak rombongan tamu berkeliling di lingkungan SMK Bakti Karya Parigi, lalu kami mengajak mereka ke lokasi workshop produksi Shibori di Kampung Nusantara,” kata Rosalina, guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan SMK Bakti Karya Parigi.

Di Kampung Nusantara, Rosalina mengenalkan teknik pewarnaan ikat celup shibori kepada siswa dari dua sekolah itu. “Kami juga menjelaskan proses produksi, mulai dari bahan dasar pewarna alami, teknik ikat, proses pewarnaan, dan hingga tahap akhir produksi. Outing class dimulai pukul 10.30 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Seluruh siswa diperbolehkan membawa pulang hasil karyanya masing-masing,” ujar Oca, sapaan akrab Rosalina.

Kepala Sekolah Alam Pangandaran, Irma Nurdiana Aziz, mengatakan bahwa sebanyak 67 siswa dan 20 guru terlibat dalam kegiatan tersebut. “Kegiatan outing class ini kami gelar sebulan sekali. Kita pindahkan kegiatan belajar mengajar yang tadinya dilakukan di lingkungan sekolah ke alam di luar lingkungan sekolah, misalnya cagar budaya, wahana rekreasi edukasi atau tempat-tempat lain yang enak buat belajar,” ujar Irma.

Pada bagian lain, Kepala SD Ma’arif Al Barokah, Joko Salma, menyatakan kunjungan sekolahnya ke SMK Bakti Karya Parigi dimaksudkan agar siswa-siswanya mengenal lingkungan serta dapat menggali potensi alam. “Kami biasanya memindahkan pembelajaran tematik seperti ini, dari lingkungan sekolah ke alam, agar proses belajar lebih menyenangkan,” pungkas Joko.

Komentar

News Feed