Guru SMK ini Sukses Bangun Usaha, Omzet Puluhan Juta

KANAL1 views

KABARSEKOLAH.ID – Rosalina, S.Pd alias Oca, guru mata pelajaran “Produk Kreatif dan Kewirausahaan” di SMK Bakti Karya Parigi, Kabupaten Pangandaran, miliki bisnis jual beli handphone (hp). Tak main-main, sebulan omzetnya mencapai puluhan juta.

Ibu muda satu anak ini menjalankan usaha bersama suami, Panji Pahlawan. Usaha Konter hp yang ia beri nama Lancar Cell beralamat di Jl. Raya Cijulang-Parigi, depan SMPN 1 Parigi.

Lancar Cell menyediakan berbagai macam merk & type Hp, baik baru ataupun bekas. Selain itu, Lancar Cell juga menyediakan berbagai accesories hp mulai charger, case, antigoresa, kartu perdana, pulsa, saldo pulsa dll.

Oca memilih usaha jual-beli hp karena sebelumnya sudah punya pengalaman pada bidang tersebut.

“Awalnya karena kami (saya dan suami) sudah memelilki pengalaman di bidang jual-beli hp. Selain itu kami melihat kebutuhan masayarakat terhadap hp terus meningkat,” Minggu, 06 Februari 2021.

Oca menambahkan, “selain kami mendapatkan keuntungan dari usaha, kami juga bisa membantu memenuhi kebutuhan orang lain. Hal tersebut menjadi sutu kebanggaan tersendiri bagi kami.”

Oca berharap kedepannya bisa membuka banyak cabang, sehingga bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Pengalaman Oca membuka usaha konter HP bareng suami menjadi bahan pembelajaran penting ketika ia mengajar mapel “Produk Kreatif dan Kewirausahaan” di SMK Bakti Karya Parigi (SBK).

Dalam berbagai sesi pelajaran di kelas, Oca berkali-kali menstimulasi siswa-siswi SBK untuk menekuni nilai-nilao kewirausahaan, agar setelah lulus dari SBK, para siswa itu tidak hanya berburu lowongan pekerjaan, tapi menciptakan peluang usaha sendiri. Oca berharap, para alumni SBK bisa berdikari (berdiri di atas kaki sendiri).

Komentar