Connect with us

KIPRAH

Halal Bihalal SDN Sukamulya

|

TRADISI. Idulfitri adalah hari kemenangan umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan. Orang Indonesia menyebut hari raya idul fitri dengan istilah lebaran. Ada banyak tradisi saat berlebaran, seperti takbiran sepanjang malam menjelang lebaran, makan ketupat dan opor ayam, memakai pakaian baru, berziarah, bermaaf-maafan, memberi parcel, dsb.

Tradisi lain yang kerap dilakukan adalah mudik. Umat Islam di Indonesia rela panas-panasan dan terkena macet untuk pulang ke kampung halaman. Hal itu dilakukan untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara. Silaturahmi adalah hal yang dianjurkan, sebagaimana Sabda Rosulullah Saw. :

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi” (Shahih Bukhari & Muslim)
Dalam keterangan lain Rosulullah Saw. bersabda :

“Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni dosa-dosa mereka berdua sebelum mereka berpisah” (HR. Abu Dawud & At-Tirmidzi).
Tradisi silaturahmi dan saling memaafkan ketika lebaran ini dikenal dengan istilah Halal bihalal. Seperti yang telah dilakukan Guru-guru SDN Sukamulya, Sabtu (1/7/17). Guru-guru SDN Sukamulya berkunjung ke rumah Kepala Sekolah (Noneng Rosnati,S.Pd.). Kegiatan Halal bihalal diawali dengan saling bersalaman dan memaafkan. Kemudian dilanjutkan dengan tawasulan dan berdo’a bersama. Noneng-pun menyampaikan sambutannya selaku tuan rumah.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita saling memaafkan. Saya sadar selama satu tahun ini kita bersama di SDN Sukamulya, pasti tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Kita lupakan kekhilafan yang telah berlalu, mari kita siapkan tenaga dan pikiran agar dapat menjalankan amanat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kita awali dengan hati yang suci dan bersih untuk memajukan siswa-siswi SDN Sukamulya menjadi generasi yang berprestasi dan berakhlak mulia.” ungkap Noneng.

Usai sambutan, Noneng-pun mempersilakan guru-guru menyantap hidangan yang telah disediakan. Acara ditutup dengan berfoto bersama dan bermushofahah.
Semoga keberkahan halalbihalal tercurah kepada warga SDN Sukamulya. Amiin

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari