Connect with us

KIPRAH

Heny Nurhaty, Rajin Menulis dan Aktif Berorganisasi

|

Nama ibu guru yang smart ini adalah Heny Nurhayati. Dilahirkan di Cepu Blora pada tanggal 23 Januari 1975. Sekarang tinggal di Kp. Ciruda RT 03 RW 01 Desa Barumekar Kec. Parungponteng Kab. Tasikmalaya.

Riwayat Pendidikannya dimulai dari SDN BALUN VII Cepu Blora, SMP ISLAM CEPU, SMAN 1 CEPU, D2 STAI AZZAKIYAH, S1 IAILM LATIFAH MUBAROKIYAH SURYALAYA.

Sebelum menjadi guru kelas di SDN Cibungur Kec. Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya, beliau pernah menjadi Guru Bantu di TK PGRI Parungponteng, CPNS TK PGRI Parungponteng.

Keakraban Bu Heny dan peserta didiknya

Bu guru yang cepat akrab ini rajin menulis. Karya-karya tulisnya sudah banyak yang diterbitkan, antara lain: Buku Bait Pena Guru Sisipan Majas tentang Negeri, Buku Antologi Puisi Karya Guru Tasikmalaya, Buku Tetes Tinta Kumandang Merdeka, Kumpulan Karya Tulis Artikel Guru Sudut Pandang Kemerdekaan, Buku Bait Larik dan Baris Puisi, dan Buku Serpihan Jejak Asa dan Rindu. Beliau juga sering menulis puisi di Majalah Pendidikan Atikan.

Pada tahun 2017 lulus test program Capacity Building, yaitu program Magang di Australia, kerjasama bidang pendidikan antara pemerintah Indonesia dengan negara Australia. Tapi sampai saat ini belum diberangkatkan.

Di samping mengajar dan menulis, beliau aktif di berbagai organisasi, antara lain: Forum KKG Kecamatan sebagai Sekretaris, Forum Operator Dapodik Kabupaten, sebagai sekretaris di Forum Operator Sekolah Kecamatan Parungponteng, Aktif di Grup KPLJ (Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat).

Ibu guru beranak dua ini ternyata sering mengikuti berbagai pelatihan dan workshop, diantaranya: PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PROFESIONAL tahun 2008, PELATIHAN PTK TINGKAT NASIONAL tahun 2009, COMUNICATION TEACHING tahun 2009,
INTERNATIONAL SEMINAR OF SUFISM tahun 2010, LATIHAN IMPLEMENTASI KURTILAS tahun 2014, KARANG PAMITRAN TINGKAT CABANG tahun 2016, DIKLAT PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA tahun 2017, PELATIHAN REVITALISASI KKG MELALUI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) tahun 2017, PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MANDIRI DENGAN MODA TATAP MUKA IN-ON-IN tahun 2018, WORKSHOP PENDIDIKAN “PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENYUSUNAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH DALAM PENGGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU DAN KEPALA SEKOLAH tahun 2018, Seminar pelatihan Pembuatan Best Practice tahun 2018, Pelatihan pembuatan soal HOTS untuk Guru Sekolah Dasar tahun 2018.

Alumni IAILM Suryalaya tahun 2010 yang bersuamikan Bapak Sumarli ini memiliki harapan pada guru-guru lain terkait literasi. Ia berharap guru-guru lebih banyak menulis dan mengerakkan anak didik untuk mencintai dunia tulis menulis. Guru harus memberi contoh yang empirik dalam kegiatan tulis menulis, bukan hanya menyuruh siswa untuk membaca dan menulis. Karena dengan membaca kita akan mengenal dunia namun dengan menulis dunia akan mengenal kita.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari