Connect with us

KIPRAH

Ranita Dewi, Guru Agama SD yang Gemar Menulis dengan Sederet Prestasi

|

Ibu guru yang masih muda ini bernama Ranita Dewi, S.Pd.I.M.Pd. Tinggal di Kp. Gajah Barang 02/01 Desa Ciawang Kec. Leuwisari Kab. Tasikmalaya. Mengajar Pendidikan Agama Islam di SDN Sukasenang Singaparna sejak tahun 2001 sampai sekarang. Tahun 2003 -2005 mengajar di SMP Riyadlut Tauhid Padakembang, tahun 2006-2008 mengajar di MTs Al Muqowwamah Singaparna.

Akrab dan dekat dengan peserta didik

Beliau alumnus sarjana IAI Cipasung jurusan PAI tahun 2004 dan pascasarjana di institut yang sama pada tahun 2018 dengan mengambil prodi Manajemen Pendidikan Islam.

Guru yang senang berbagi ini merupakan salah satu guru agama SD di Kab. Tasikmalaya yang gemar menulis. Buku yang pernah ditulisnya antara lain: Doa untuk Muslimah (Syakira Pustaka Bogor, 2007), Ringkasan Materi PAI dan kumpulan soal LCC PAI SD (2007), Reinterpretasi konsep “Dulang Tinande” bagi perempuan Sunda Zaman Sekarang dalam Kesalehan Multikultural Pemprop Jabar (2008), Cerpen berjudul Gila Tuhan :Kidung Cinta Untuk Kekasih (2008). Beberapa artikelnya pernah dimuat di Kabar Priangan.

Di samping gemar menulis, beliau juga memiliki sederet prestasi yang luar biasa, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, seperti: Juara 1 Lomba Pengembangan Model Pembelajaran berbasis ICT untuk Guru PAI  se Kab. Tasikmalaya (2017), Juara 2 Lomba Menulis HUT ke 18 Kabar Priangan (2017), Juara 2 menulis ilmiah Quran tingkat Provinsi Banten (2013), Juara 3 Lomba Musabaqoh menulis isi kandungan al Quran (M2KQ) Tingkat Provinsi Jabar di Kota Bandung (2008),  Juara 1 lomba M2KQ tingkat Provinsi Banten (2008),Juara 2 Lomba M2KQ tingkat Nasional di Serang Banten, Juara 1 lomba M2KQ tingkat provinsi Jabar di Cirebon(2007), Juara 1 Lomba Kiat Bicara di Depan Umum (LKBU) tingkat Prov. Jawa Barat (2007), Juara 1 lomba Karya Ilmiah tingkat Kab. Garut (2006), Juara 1 lomba M2KQ tingkat Kab. Tasikmalaya (2005).

Menerima hadiah piala dan uang pembinaan sebagai Juara 1 Lomba Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis ICT se Kab. Tasikmalaya pada Tahun 2017

Istri dari Teguh Arifianto ini aktif di berbagai organisasi, antara lain: Pengurus KKG guru PAI Kec. Singaparna, Pengurus Irema masjid Al Hikmah Ciawang, Pengurus LPTQ Kota Tasikmalaya, Pembina Cabang Menulis Makalah Quran Tasikmalaya, Pengurus Badan Kerjasama Majlis ta”lim Masjid (BKMM) kab. Tasikmalaya.Untuk menambah pengetahuan dan pengalamannya, ibu dua anak ini sering mengikuti berbagai pelatihan, workshop dan seminar, baik sebagai peserta maupun pemateri/narasumber.

Ketika ditanya tentang harapannya terhadap perkembangan literasi, ibu yang kalem dan tawadu ini menyatakan bahwa para Sufi terdahulu mengungkapkan inti dari hidup adalah “kehadiran”. Literasi salah satu cara agar kita selalu”hadir” memberi manfaat dan makna kepada kehidupan melalui sebuah karya. Oleh karenanya, mari bersama-sama memantik semangat literasi kita dan menjadikan kita bermanfaat bagi sekitar. Semangat menjadi aktor peradaban.


Advertisement
Terimakasih telah berkunjung