Connect with us

KOLOM

Ikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

|

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. MPLS ini sebagai sarana perkenalan peserta didik baru terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama peserta didik baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam ekstrakulikuler serta kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMPSMA, hingga perguruan tinggi. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Menyesuaikan pada Permendikbud No 18 tahun 2016 yang tujuannya adalah mengenali potensi diri peserta didik baru, membantu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana sekolah.

Lingkungan sekolah yang berdampingan MPLS di MA dan SMP Terpadu Fajrul Islam dilaksanakan bersama-sama senin, 17 Juli 2017 sampai Kamis, 20 Juli 2017 di Rancabungur Legok, Kelurahan Bungursari, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. Sebanyak 77 orang dari SMP dan 40 orang dari MA yang mengikuti kegiatan ini. Untuk jenjang Madrasah Aliyah MA Fajrul Islam yang akan di programkan untuk jurusan IPS dan IPA. MPLS di MA dan SMP Terpadu Fajrul Islam mengusung tema “dengan dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dapat meningkatkan ikatan silaturahmi yang baik antara peserta didik baru dengan masyarakat dan lingkungan sekolah.”

Wujud sebuah kegiatan sesuai dengan tema yang telah diusung oleh sekolah berkaitan dengan perkenalan berbagai ekstrakulikuler  di sekolah, materi  kesehatan dan kepesantrenan serta kepemingpinan. selain dari lingkungan sekolah peserta didik juga di perkenalkan dengan lingkungan masyarakat dengan jalan santai dan baksos di tengah lingkungan masyarakat.

bermula peserta didik yang terkumpul di ruangan disajikan materi kesehatan bersama dr.Trisna (PUSKESMAS Bungursari), kemudian materi kepesantrenan Hj Miftah Fauzi, dan ada pula yang disajikan di lapangan materi kepemimpinan di langsung bersama TNI Sertu Suryana.

materi kepemingpinan di lapanga

pengenalan Ekstrakulikuler POLSIS

MPLS dikemas dalam balutan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik baru. Bahkan, kakak kelas mengenalkan ekstrakulikuler dengan komunikatif, menyenangkan dengan beberapa permainan. salah satu Ekstrakulikuler Jurnalistik Fajrul Islam (JUFI) menyambut peserta didik baru dengan hadiah dari sebuah games yang mengajak peserta didik mengeluarkan kemampuannya membaca puisi, sebagai salah satu kolom sastra di dalam buletin KAFAIS.

pemberian hadiah game dari Ekstrakulikuler Jurnalistik Fajrul Islam (JUFI)

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari