Connect with us

KIPRAH

Kegiatan di Luar Kelas Mampu Tingkatkan Wawasan Siswa

|

Selain sebagai ajang untuk relaksasi di tengah rutinitas pembelajaran, kegiatan di luar kelas diyakini mampu meningkatkan wawasan siswa. Pasalnya, tidak semua peristiwa dan objek pembelajaran dapat dihadirkan dalam kelas. Karenanya, guna memenuhi itu semua MI Asy-Syuhada melakukan Kegiatan Di Luar Kelas setiap tahunanya.

“Ini semua diadakan karena kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung. Karena tidak mungkin menghadirkan setiap peristiwa ke dalam kelas untuk dipelajari dan diamati. Dengan diadakan kegiatan di luar kelas ini akan memberikan relaksasi dan penyegaran di tengah kepadatan pembelajaran dalam kelas,” terang Ipang Abdul Gofar, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, MI Asy-Syuhada, Tamanjaya, Tamansari, Kota Tasikmalaya.

Selain itu, kata dia, dengan program pembelajaran siswa langsung ke lapangan, akan mendorong rasa ingin tahu siswa dan keinginan untuk bertanya. Soalnya, setiap hal yang dilihat dan diamat siswa secara otomatis akan merangsangnya.

“Rasa ingin tahu siswa akan terasah. Sehingga guru atau pembimbing hanya perlu menjelaskannya saja,” ungkapnya.

Paling utama, lanjut dia, ketika melakukan kegiatan di luar kelas satu sama lain bisa saling mengenal. Mempererat keakraban dengan semua siswa dan melatih kerjasama siswa dalam satu kelompok.

“Diharapkan kepribadian siswa bisa terbentuk. Lebih berani dalam mengungkapkan sesuatu. Satu sama lain siswa saling kenal. Dengan sendirinya potensi setiap siswa akan terlihat jelas, sehingga guru tinggal mengembangkan dan mendorongnya,” pungkasnya.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari