Connect with us

KIPRAH

Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Menggelar Pemilihan Guru Berprestasi Tahun 2017

|

SINGAPARNA. Dalam rangka menyambut HAB Kementerian Agama ke 73, Kelompok Kerja Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya dengan bangga menggelar sebuah even bergengsi dan bereputasi tinggi, yaitu Kompetisi Guru RA dan Madrasah Berprestasi 2017 Tingkat Kabupaten.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah, menggali potensi dan memberi apresiasi kepada guru RA dan Madrasah yang telah berkarya dan mengembangkan profesinya.

Nominasi peserta kompetisi sebanyak 45 orang. 10 orang peserta dari jenjang RA, 12 Orang dari jenjang MI, 20 orang dari jenjang MTs dan 3 orang dari jenjang MA.

Beberapa tahapan kegiatan Kompetisi Guru Berprestasi 2017 sudah dilaksanakan dengan lancar sesuai dengan dengan rencana. Panitia memverifikasi dokumen portofolio, dilanjutkan dengan tahap penilaian  portofolio,  naskah karya tulis ilmiah dan Baca Tulis Al-Quran yang dilakukan oleh tim  penilai dari tiap jenjang satuan pendidikan.

Upacara pembukaan secara resmi dilaksanakan senin, 20 November 2017 dan  dibuka oleh kasubag tata usaha Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Dudu Durahman, M.Si. Selain peserta kompetisi, pembukaan dihadiri pula oleh  seluruh pengawas baik dari pokjawas madrasah, pokjawas PAI, undangan dan sponsor.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan tahap penilaian presentasi karya ilmiah dan tes Baca Tulis Al-Quran untuk peserta dari  RA dan MI. Adapun jadwal penilaian jenjang MTs dilaksanakan sehari berikutnya, selasa, 21 November 2017 sedangkan untuk MA akan dilaksanakan senin, 27 Novermber 2017. Tim penilai sebanyak 12 orang yang terdiri dari unsur  pengawas dan akademisi.

Tiga tahapan berikutnya seperti pengolahan nilai, sidang verifikasi dan penentuan pemenang akan dilaksanakan akhir bulan ini. Pemenang kompetisi guru berprestasi ini adalah 3 pemenang dari setiap jenjang  dengan perolehan nilai tertinggi.

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dan kerjasama dengan KKRA, KKMI, KKMTs, KKMA Kabupaten Tasikmalaya serta dukungan sponsor dari BJB Syariah, Koran Siap belajar dan pihak-pihak tertentu secara pribadi.

Proses penilaian memakan waktu yang relatif lama, menguras energi, waktu dan pikiran, namun alhamdulillah tim penilai merasa puas dengan proses dan hasilnya meskipun harus selesai sampai magrib, ungkap Asep Saepulmillah, M.Pd. ketua pelaksana kegiatan pemilihan Guru Berprestasi tahun 2017 Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya.

Lebih lanjut, Asep menjelaskan bahwa setelah menyimak paparan peserta Guru Berprestasi, terlepas dari sisi kekurangan dan kelebihannya, secara keseluruhan guru-guru RA dan madrasah sejatinya tidak kalah saing dengan guru lain di bawah Dinas Pendidikan yang kerap melaksanakan kegiatan  pengembangan profesi dan even seleksi guru berprestasi. Cara pemaparan yang sistematis, cara menjawab pertanyaan dari tim penilai, penggunaan media, secara keseluruhan menujukkan kedewasaan berpikir, kedalaman wawasan dan kompetensi  yang membanggakan. Hal ini mungkin yang belum terekam atau belum tersentuh sebelumnya baik oleh pengawas atau instansi  penanggung jawab pendidikan (Pendidikan Madrasah). Oleh karena itu beberapa peserta kompetisi  tampak layak untuk direkomendasikan pada ajang prestasi serupa pada tingkat  yang lebih tinggi.

Hasil kegiatan ini selayaknya dijadikan evaluasi dan umpan balik (feedback) terhadap peningkatan kualitas pembinaan kompetensi dan profesionalitas tenaga pendidik oleh pihak- pihak yang bertanggungjawab, seperti Seksi Pendidikan Madrasah, madrasah, pokjawas, KKM, MGMP, dan yang lainnya.

Terakhir, Asep Saepulmillah, M.Pd. menyampaikan atas nama panitia dengan bangga memberikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada para peserta Guru Berprestasi atas partisifasi dan kerja kerasnya mengikuti  proses kegiatan Guru Berprestasi ini. Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kami sampaikan kepada semua pihak yang yang membantu terselenggaranya kegiatan ini. Jazakumullahu khaira jaza.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung