Terhubung dengan KAPOL

KIPRAH

Komunitas Gelora Konsisten “Ngeureuyeuh PTK”

|

Salah satu penilaian angka kredit bagi kenaikan pangkat guru adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang secara detail diatur dalam Peraturan Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jenis PKB tersebut ada 3 jenis, yaitu : 1) Pengembangan Diri, 2) Publikasi Ilmiah, dan 3) Karya Inovatif

Dari ketiga hal tersebut yang sering menjadi kendala guru dalam kenaikan pangkat adalah publikasi ilmiah. Selain kurangnya minat menulis, masih banyak juga yang masih belum tahu jenis-jenis publikasi ilmiah yang masuk penilaian angka kredit. Jenis-jenis publikasi ilmiah yang dimaksud dalam PERMENPAN & RB NO. 16 TH 2009 adalah sebagai berikut :

  1. Presentasi di forum ilmiah
  2. Hasil penelitian
  3. Tinjauan ilmiah
  4. Tulisan ilmiah populer
  5. Artikel ilmiah
  6. Buku pelajaran
  7. Modul/diktat
  8. Buku dalam bidang pendidikan
  9. Karya terjemahan
  10. Buku pedoman guru

Komunitas Gelora yang beranggotakan guru-guru olahraga di Kota Tasikmalaya inten melakukan pertemuan-pertemuan untuk memecahkan masalah terkait publikasi ilmiah tersebut. Tujuan utamanya untuk membantu guru-guru khususnya guru olahraga agar mampu menulis karya ilmiah. Dalam pertemuan setiap ba’da jum’at di sekretariat IGORA Kota Tasikmalaya itu, Gelora tengah mengupas tulisan ilmiah populer dan telah melahirkan banyak karya yang telah dimuat di media massa baik online maupun cetak.

Pada bulan februari Gelora menargetkan anggotanya mampu menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tajuk “Ngeureuyeuh PTK”. Seperti yang nampak pada pertemuan hari jum’at ini (14/2/2020) bertempat di sekretariat IGORA Kota Tasikmalaya, anggota Gelora yang hadir tengah khusu’ menyusun latar belakang masalah. Dengan metode saling berbagi dan saling melengkapi, kegiatan menulis-pun tampak santai dan terarah.

Salah seorang peserta Andri Hermawan Yusuf, S.Si. guru PJOK SDN Dadaha sangat antusias mengikutinya. “Kegiatan ini sangat menyenangkan, dan banyak manfaatnya. Meskipun santai sekedar memanfaatkan waktu luang, namun dapat menghasilkan karya” ungkap andri. D. Lukman Nul Hakim, S.Pd. Guru PJOK SDN 1 Angkasa menambahkan “Saya dituntut untuk mengeksplor kemampuan berpikir membuat karya tulis dalam waktu singkat”.

Kegiatan rutin gelora “Ngeureuyeuh PTK” ini ditargetkan 3 pertemuan lagi. Dalam 3 pertemuan itu diharapkan semua anggota gelora telah rampung menyusun utuh laporan PTK.

Komentari