Connect with us

KOLOM

Kwarran Tamansari Menggelar Lomba Tingkat II

|

Bertempat di bumi perkemahan MS Kelurahan Mugarsari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, Kwarran Tamansari menggelar kegiatan Lomba Tingkat II bagi anggota penggalang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 14 s. d tanggal 16 Desember 2018. Menurut Kak Asep Rahman, S. Pd. – MG dalam laporan ketua panitia penyelenggara, kegiatan LT II ini diikuti oleh sekitar 300 anggota penggalang tingkatan SD/MI dan SMP/MTs, sekitar 60 pembina, sekitar 40 panitia dari andalan Kwarran yang dibantu oleh anak-anak Dewan Kerja Ranting (DKR), serta dewan juri kegiatan yang diambil dari andalan  Kwarcab Kota Tasikmalaya, Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Tasikmalaya termasuk unsur profesional dari masyarakat. 

Selain sebagai ajang silaturahmi antar peserta didik dan pembina, kegiatan LT II ini juga sebagai sarana evaluasi oleh Kwarran untuk melihat kemajuan dan keberhasilan pelaksanaan pembinaan anggota muda penggalang di tiap-tiap pangkalan atau gugus depan.  Sementara itu menurut Kak Darya, S. Pd. M. Pd, – MG, Waka Binamuda Kwarcab Kota Tasikmalaya dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, menjelaskan bahwa kegiatan LT II  untuk melatih karakter peserta didik dalam hal cinta tanah air, cinta sesama, cinta lingkungan serta melatih kemandirian.   Adapun materi yang dilombakan  dalam kegiatan LT II ini meliputi bidang Mental Spritual, bidang Keterampilan Kepramukaan, bidang Ketangkasan, dan bidang kesehatan.

Selama 3 hari, para peserta bersaing untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Mereka mengikuti seluruh perlombaan untuk mendapatkan poin. Berdasarkan hasil penilaian kumulatif dari berbagai materi yang dilombakan, didapatkan 3 pangkalan terbaik untuk kategori tingkat SD/MI yaitu regu putra MIS Ciledug sebagai juara 1, Juara 2 dari SDN 1 Gobras, juara 3 dari MIN 1 Tasikmalaya. Sedangkan untuk regu putrinya juara 1 diraih SDN 1 Gobras, juara 2 dari SDN Tamansari, dan  juara 3 MIS Rahayu. Untuk tingkat SMP/MTs, regu putra MTs Darul Ulum menjadi juara 1, SMP 15 Tasikmalayajuara 2, SMP Al-Azhar juara 3. Sedangkan untuk regu putri juara 1 diraih MTs Raudlatut Ta’alum, juara 2 MTs Ar-Rahmah dan juara 3 SMPN 21 Tasikmalaya.

Menurut Kak Maman Suryaman, S. Pd., – MG selaku ketua Kwarran sekaligus penanggungjawab kegiatan LT II ini menjelaskan bahwa  pangkalan yang berhasil menjadi juara 1 akan mewakili Kwarran Tamansari dalam Lomba Tingkat III Kwarcab Kota Tasikmalaya yang menurut rencana akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari