Connect with us

KIPRAH

MA dan SMP Terpadu Fajrul Islam Peringati Tahun Baru Islam 1439 H

|

Bulan pertama dalam kalender islam adalah bulan Muharam. Tahun 2017 ini bulan muharam yang jatuh pada tanggal 21 September  diperingati oleh seluruh umat islam. Kata ‘muharam’ sendiri berasal dari kata haram mempunyai arti ‘Terlarang’ atau ‘Berdosa’. Muharam juga dianggap sebagai salah satu bulan terhormat dalam islam. Dalam surat At-Tuabah ayat 36 menjelaskan jika Allah telah menetapkan empat bulan terhormat dari 12 bulan.

Peringatan tahun baru islam ini pada hakikatnya hanya ingin mengenang kembali hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hijrah bukan sekadar pindah tempat tinggal atau pindah rumah. Hijrah yang merupakan perintah Allah SWT juga merupakan strategi perjuangan dalam dakwah Islam. Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram Hijriyah harus dilakukan sesuai dengan tujuan dijadikannya hijrah sebagai awal sistem penanggalan Islam, yakni memaknai dan mengamalkan hijrah.

Kamis,21 September 2017 sebagai salah satu cara mengenang hijrahnya Nabi Muhamad SAW dari kota Mekkah ke Madinnah yang diperingati oleh  MA dan SMP Terpadu Fajrul Islam. Menyambut 1 muharam 1439 H ini peserta didik sangat berantusias. Peringatan hari besar islam ini memiliki daya tarik tersendiri untuk peserta didik. Lewat kegiatan ini peserta didik mengeluarkan stategi perjuangan dakwah islam lewat lomba-lomba. Salah satunya adalah lomba pidato orasi membela agama islam.

persiapan penonton lomba pidato

Titik balik peringatan tahun baru islam ini diharapkan peserta didik dapat hijrah dari kebodohan dan mengeluarkan kemampuan dan kreatifitas lewat lomba. Diawali dengan pawai keliling melewati beberapa kampung. Mengingatkan masyarakat sekaligus sosialisasi atau kampanye tahun Islam di kalangan umat.

pawai 1 muharam 1439H

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, meski kegiatan ini menabrak kegiatan belajar mengajar selama dua hari. Namun izin peringatan hari besar ini di berikan langsung oleh kepala sekolah bahkan didukung oleh pihak yayasan.

juri bahtsul kitab

Kegiatan ini berjalan dengan dampingan dari para wali kelas dan guru-guru. Seraya mengorek kemampuan peserta didik pada bidangnya masing-masing. Karena sesungguhnya setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda. Ada kalanya peserta didik itu memiliki kemampuan lebih di bidang olahraga, atau ilmu keagamaan. Seperti menjadi wadah mengeluarkan kemampuan dan kreatifitas kegiatan ini berlangsung sangat meriah.

lomba olahraga, bola voly

Dengan piagam serta piala yang diberikan panitia rasa percaya diri itu mulai muncul tanpa ada kesombongan. 74 piagam penghargaan dan 74 piala siap dibagikan pada saat pengumuman setelah upacara bendera hari senin, 25 September 2017.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari