Connect with us

KOLOM

Memilih Teman

|

Oleh : Nurfadilah

Dalam berteman kita harus memilih yang baik dan sudah terlihat ketulusannya dalam berteman. Mengapa demikian? Sebab banyak orang yang memilih teman itu dipandangannya baik tapi dibelakangnya penghianat, nanti kalau dihianati pasti akan menyesal. Hal itu akan memberikan pengaruh negatif pada diri sendiri.

Nanti kalau misalnya pengaruh negatif itu terus berlangsung maka bisa-bisa kalian membuat kesalahan yang ujung-ujungnya orang tua di panggil ke sekolah. Kalian tentu tidak ingin seperti itu kan!.

Masalah itu pasti berhubungan dengan bermain. Saat bermain kita pasti membayangkan kesenangan untuk diri sendiri atau pun orang lain. Tapi disaat waktu bermain habis kita pasti ingin melebih-lebihkannya. Itu adalah tindakan yang salah, karena waktu yang ditentukan harus kita taati menjadi sebuah karakter yaitu disiplin dalam menggunakan waktu.

Dalam bermain tidak boleh membedakan agama atau yang lainnya. Karena kita adalah makhluk sosial dan harus mempunyai sifat toleransi.

Apakah boleh bermain dengan orang yang lebih dewasa dari usia kita? Boleh-boleh saja dalam bermain apalagi berteman harus dengan siapa saja, tapi ingat ! harus memilih yang baik dan tahu aturan bermain dengan anak di bawah usianya. Karena kalau misalnya salah memilih maka dampaknya akan besar dan akan muncul kebiasaan buruk yang mulai terlihat dari sikapnya. Jadi berteman dengan siapa saja asalkan sikapnya baik, punya sopan santun, dan tahu aturan.

Hikmah dari artikel di atas adalah dalam memilih teman hendaknya memiliki budi pekerti luhur.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari