Terhubung dengan KAPOL

KOLOM

Memperingati Hari Santri Nasional Merupakan Bentuk Kepedulian dan Kebanggaan Umat Islam

|

Oleh: Eti Nurhayati

Hari ini umat Islam di seluruh tanah air gegap gempita memeriahkan Hari Santri Nasional. Bagaimana tidak? Umat islam di Indonesia yang notabene menduduki rating tertinggi (mayoritas), memiliki rasa kebanggaan yang luar biasa terhadap hari-hari besar Islam, termasuk Hari Santri Nasional.
Setiap tanggal 22 Oktober kita bersama-sama memperingati memperingati Hari Santri Nasional (HSN).
Sebagaimana yang kita ketahui, HSN ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Mesjid Istiqlal, Jakarta.
Penetapan ini merujuk pada sebuah peristiwa bersejarah yaitu seruan yang disampaikan oleh KH. Hasjim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945 yang berisi seruan kepada umat Islam untuk berperang (berjihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali Republik Indonesia.
Selain itu yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas partisipasi yang besar dari umat Islam, termasuk para santri dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI.
Sudah sewajarnya kita menyambut dan memperingati Hari Santri dengan cara yang positif sebagaimana yang telah dan sedang dilaksanakan di berbagai daerah, berbagai instansi dan sekolah-sekolah. Mereka memeriahkannya dengan anjuran menggunakan busana muslim, pawai/ kirab, upacara,lomba-lomba Islami, juga lomba ngaliwet. Meriah,kan?
Selamat Hari Santri Nasional. Semoga santri -santri hari ini kelak menjadi ulama-ulama besar, pemimpin kejayaan Islam. Aamiin ya Robbal’aalamiin.

EN, 22 Oktober 2019

Advertisement

Komentari