oleh

Nana Jonari, Menuju PGMI Unggul

SURYALAYA. Nana Suryana, S.Ag. M.Pd. kembali dipercaya menjadi Ketua Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Tasikmalaya masa bakti 2021-2025. Nana Suryana, S.Ag. M.Pd. didampingi Jonari Hanafi, M.Pd. sebagai sekretaris Prodi PGMI berdasarkan SK Rektor IAILM No. 01 Tahun 2021.

Setelah dilantik  (27/01) yang lalu, Nana dan Jonari menyatakan kesiapannya membawa Prodi PGMI yang unggul. Menurutnya, menjadi guru SD/MI itu bukan hanya berorientasi penghasilan semata, melainkan nilai pengabdian. Pengabdian pada Allah SWT, anak didik, bangsa dan negara. Menjadi guru bukan hanya menikmati statusnya saja, tapi menikmati proses saat mengembankan tugas mulianya juga. Guru harus ikhlas dalam menunaikan tugasnya, menikmati setiap jengkal tugasnya, mencintai profesinya, dan mengabdi dengan tulus penuh dengan jiwa semangat pembelajar”.

Lebih lanjut dia menyatakan, ‘’Profesi guru bukan profesi main-main, sekali kita memilih menjadi seorang guru maka kita harus bertanggung jawab untuk mendidik muridnya dengan penuh tanggung jawab dan profesional’’, ujarnya.

Secara undang-undang, tambah dia, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Saat ini Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Suryalaya Tasikmalaya memilik visi menjadi Prodi PGMI unggul dalam menghasilkan calon GURU MI/SD profesional, asisten peneliti pendidikan dasar, dan pembuatan bahan ajar untuk MI/SD serta berakarakter sufistik dan tasawuf di tingkat nasional pada tahun 2030. Dari visi tersebut kami turukan ke misi PGMI sebagai berikut; menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan guru MI/SD yang professional dan berkarakter sesuai dengan standar nasional, menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan teori dan praktik pendidikan yang inovatif dan akomodatif pada bidang pendidikan dasar, menyebarluaskan gagasan, pengalaman, serta temuan-temuan inovatif, akomodatif kepada masyarakat pendidikan, membangung kemitraan dan kerjasama di tingkat lokal, regional, dan nasional yang relevan.

Untuk mewujudkan visi tersebut, ada tiga prioritas program yang akan kita digarap, yaitu peningkatan jejak digital para dosen melalu google scholar dan SINTA, jurnal Prodi PGMI terakreditasi nasional, dan peningkatan nilai akreditasi Program Studi menjadi A pada tahun 2024, pungkasnya.

Komentar

News Feed