Connect with us

KIPRAH

NGOBOR, Ngopi Bareng Guru Olahraga

|

TASIKMALAYA. Literasi, adalah hal yang kian menggeliat. Berbagai intansi kian menyorotinya. Para pegiat, penggerak, hingga para pejabat serius dalam upaya menumbuhkan kesadaran literasi.

Tidak terkecuali Ikatan Guru Olahraga (IGORA) Kota Tasikmalaya. Sejak Januari tahun 2018 IGORA Kota Tasikmalaya-pun turut serta menumbuhkan kesadaran literasi dengan lahirnya Jurnalis Guru Olahraga (JAGO). Namun, selama tahun 2018 itu aktivitasnya masih belum begitu menggeliat. Pertemuan antar anggota-pun masih bisa dihitung dengan jari. Namun, karya tulis dari anggota JAGO sudah sering tampil di media massa. Pergerakan yang terkesan masih merayap itu nyata di dunia maya melalui saluar Whatsapp (WA).

Memang untuk satu tahun pertama targetnya membaca guru-guru olahraga yang memiliki minat. Setiap anggota IGORA Kota Tasikmalaya bisa masuk JAGO dengan meng-klik tautan yang telah dishare di grup WA IGORA. Hasilnya memang kurang memuaskan. Hanya segelintir orang saja yang mau bergabung. Hal itu tidak menjadi halangan untuk terus bergerak dan menggelorakan literasi.

Hal itu terbukti dengan wajah baru dan semangat baru pada tahun 2019. Jago telah berubah wujud menjadi Gerakan Literasi Olahraga (GELORA).

Kegiatan diskusi NGOBOR di Cafe Enjoy Copi

Pergerakannya semakin nampak pada dunia nyata. Seperti yang terlihat pada beberapa kegiatannya. Gelora telah meluncurkan kegiatan diskusi dengan tajuk NGOBOR (Ngopi Bareng Guru Olahraga). Kegiatan pertama Ngobor dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 12 April 2019 pukul 3 sore bertempat di Cafe Enjoy Copi milik pa Mulyana salah seorang guru olahraga di Kecamatan Kawalu. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Membedah Literasi Olahraga”. Kegiatan pertama berjalan lancar meski diikuti segelintir orang. Ngobor yang kedua dilaksanakan dilaksanakan ditempat yang sama pada hari Rabu tanggal 24 April 2019. Tema yang diusung adalah “Banyak Renang Banyak Pahala”. Ngobor yang kedua ini cukup panjang waktunya karena dimulai lebih awal, yaitu mulai pukul 2 siang. Kegiatannya tidak hanya diskusi melainkan dilanjutkan dengan kegiatan Nobar laga Borneo FC vs Persib Bandung. Kegiatan ini juga sekaligus untuk memperingati Hari Buku Sedunia.

“InsyaAllah kegiatan NGOBOR ini akan terus berjalan, dan menjadi agenda rutin GELORA”  Ungkap Irvan ketua Komunitas.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari