Connect with us

KIPRAH

“Outing Class” TK Wijaya Kusumah ke Kantor Pemadam Kebakaran

|

TK Wijaya Kusumah/Kartika XIX-26 yang berlokasi di Jl. Taman Pahlawan No. 16 Kota Tasikmalaya, pada hari Kamis, tanggal 14 Maret 2019, melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas (outing class) berupa kunjungan ke Kantor Pemadam Kebakaran (DamKar) di Jl.Ir.H.Juanda No.19 Kota Tasikmalaya.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 anak, didampingi 4 orang guru dan Kepala TK. Turut hadir dari yayasan didampingi provost yang membantu menjaga anak-anak karena tidak disertai oleh orangtua mereka.

Anak-Anak TK Wijaya Kusumah bersiap-siap berangkat dari TK menuju Kantor Damkar Kota Tasikmalaya

Menurut Kepala TK Wijaya Kusumah, Ibu Lina, kegiatan ini merupakan salah satu upaya melatih kemandirian anak dan adanya kepercayaan orangtua terhadap pihak sekolah. Anak-anak berangkat bersama dari sekolah jam 08.00 Wib dengan menggunakan kendaraan yang disediakan yayasan Kartika Jaya.

“Tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk mengenalkan salah satu profesi/pekerjaan, mengetahui jenis kendaraan, alat-alat yang digunakan dan manfaatnya”, begitu kata Bu Lina.

Di lokasi, anak-anak dimasukan ke satu ruangan untuk mendapat pengetahuan langsung dari Narasumber yang disediakan dan melakukan tanya jawab dengan anak-anak. Setelah selesai mereka diajak lagi keluar untuk demonstrasi menyemprot api secara sederhana, melakukan gerakan/kode membuka dan menutup air dari selang yang tersambung ke mobil Damkar.

“Respon anak-anak alhmdulillah sangat bagus”, tandas bu Lina. Mereka antusias dan kelihatan gembira selama mengikuti kegiatan. Apalagi disaat mereka diajak berkeliling sejenak menggunakan mobil Damkar dan duduk diatas mobil.

Selesai kegiatan di Damkar, dilanjutkan ke Situ Gede yang lokasinya tidak jauh dari sana. Anak-anak istirahat makan sambil dikenalkan lingkungan sekitar Situ Gede, plus melihat juga alat transportasi yang lain (perahu dan rakit).

Sesudah menikmati suasana Situ Gede, mereka kembali ke sekolah dan dijemput orangtuanya masing-masing.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari