Connect with us

KIPRAH

Cara Hebat Mendidik Anak di Era Milenium ke-3

|

Pengelola TK Wijaya Kusumah Yayasan Kartika Jaya mengadakan acara PARENTS GATHERING, Hari Selasa (12/3-2019) di Ruang Data KODIM 0612 Kota Tasikmalaya, berlangsung dari pukul 09.00 s.d 11.00 wib. Pemateri kegiatan tersebut salah seorang Praktisi Pendidikan, Bapak Ilam Maolani. Dihadiri oleh Ibu Ketua Yayasan, Kepala TK Wijaya Kusumah, dan 40 orangtua.

Ketua Yayasan, Ibu Rina Nur Ahmad, menyambut baik atas terselenggaranya acara itu, terlebih sangat penting bagi para orangtua, terutama dalam menjalankan tugasnya sebagai sosok pertama dan utama mendidik anak di lingkungan keluarga. Beliau mengharapkan orangtua dapat menyerap ilmu yang disampaikan pemateri sehingga dapat dijadikan modal berharga dalam mengasuh anak.

Sementara itu, menurut Kepala TK Wijaya Kusumah, Ibu Lina, tema acara ini adalah PARENTING ITU PENTING, CARA HEBAT MENDIDIK ANAK DI ERA MILENIUM KE-3. Parents gathering baru  pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 dengan tujuan memberikan pemahaman dan pengalaman bagi orangtua dalam membimbing anak.

Pemateri Ilam Maolani menerapkan variasi metode dalam penyajiannya (testimoni, tanya jawab, tayangan video, ceramah, bermain peran). Di awal pemaparannya beliau menanyakan kepada semua orangtua apa perasaan mereka ketika mengasuh anak. 40 orangtua menjawab 40 perasaan. Ada yang menjawab capek, lelah tapi senang, lelah tapi nikmat, enjoy, gregetan, dijalani saja dengan senang hati, dinikmati karena bernilai ibadah, dan ada yang menjawab soak, dan lain-lain.

Pak Ilam sedang bertanya pada salah seorang orangtua

Selanjutnya pemateri menjelaskan pengertian, pentingnya, tujuan, dan jenis parenting serta tujuh cara hebat mendidik anak di era milenium ke-3. Ketujuh cara itu antara lain: keteladanan, pembiasaan, Ibrah, mauizhah, targhib dan tarhib, perumpamaan, dan tanya jawab.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cenderamata oleh Ketua Yayasan kepada pemateri dan pembacaan doa oleh Kepala TK.

 

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari