Connect with us

KOLOM

Pegiat Literasi Alam, Gerilya Dari Titik Nol

|

IMANG ROHIMAT, S.Pd.I. Adalah guru Kelas V SDN Sukamulya. Imang sangat suka dengan tanaman sejak masih di SMP. “Saya suka menanam sayuran, alasannya agar tidak membeli sayuran di luar dan hemat uang tentunya” ungkap Imang saat ditanya di perpustakaan sekolah (7/6/2017).
Tahun 2015, Kepala SDN Sukamulya Noneng Rosnati, S.Pd. menugaskannya sebagai pembina adiwiyata. Memang SDN Sukamulya yang sudah hijau telah mempercantik diri untuk mengikuti lomba sekolah adiwiyata. Dengan segenap hati, dia tekuni cara bercocok tanam di tanah, pot, hingga hidroponik. Dia sangat teliti dalam menanam dan merawat tanaman, seperti menyiapkan media tanam, menyiapkan pupuk, menanam hasil semaian, menggemburkan tanah, menyiram setiap pagi, dan mencabuti rumput liar di sekitar tanaman. Media tanam tidak perlu besar asalkan indah dilihat. Al-hasil, bukan hanya hijau dan cantik namun dapat dipetik hasilnya. SDN Sukamulya-pun terpilih menjadi sekolah adiwiyata tingkat Kota Tasikmalaya dan melaju ketingkat Prov. Jawa Barat.
Pengalaman selama menekuni tanaman, dia tuangkan dalam bentuk tulisan. Beberapa tulisannya dimuat di HU. Kabar Priangan. Selain tulisan dia juga telah membuat video pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran PLH di sekolah. Tak segan-segan dia melibatkan warga sekolah baik guru maupun siswa dalam kegiatan bercocok tanam. Bahkan jika ada sesuatu yang kurang memuaskan, tanpa ragu dia bertanya dan membaca buku referensi yang ada di sekolah.
Bukan hanya SDN Sukamulya, kini Imang-pun memiliki sekolah-sekolah binaan. Dia terus bergerilya menebar kebaikan, berbagi dan tularkan kecintaan terhadap alam kepada guru yang lain. Meskipun belajar secara otodidak namun jika digeluti dengan sepenuh hati, maka hasilnya pun akan memuaskan hati. “Literasi itu bukan sekedar menulis dan membaca, apa yang saya lakukan adalah bagian dari literasi. Berbagi ilmu, berbagi kebaikan, dan menanamkan kepekaan terhadap lingkungan” tuturnya. Dia berharap semua orang dapat menanam, menjaga dan memelihara tanaman, karena banyak manfaatnya bagi kehidupan.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari