Connect with us

KOLOM

Pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2017 KABUPATEN BANGKA SELATAN

|

TOBOALI. SMPN 2 Toboali melaksanakan acara Pementasan Gerakan Seniman masuk Sekolah (GSMS) 2017 Kabupaten Bangka Selatan yang diikuti oleh 4 sekolah yaitu SD Negeri 6 Toboali, SMP Negeri 2 Toboali, SMA Muhammadiyah Toboali dan SMK Negeri 1 Toboali pada hari Selasa (12/12/2017).Pementasan di laksanakan  di lapangan SMPN 2 Toboali.

Kepala SMPN 2 Toboali, Bapak Sutami S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) adalah ini bisa menumbuhkan budaya sekolah yang sehat, menyenangkan, mengasyikkan dan menguatkan. Melalui kegiatan GSMS bisa menumbuhkan karakter dan sikap kreatif, apresiatif dan inovatif peserta didik serta bisa melestarikan seni budaya bangka selatan.

Acara tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, Bapak Narwanto, S.IP. Kedatangan beliau di sambut dengan tarian Sambut yang di bawakan oleh siswa SMA Muhammadiyah Toboali. Dalam kata sambutannya ia mengatakan bahwa Indonesia terdiri dari 17.000 pulau dan 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh Nusantara. Masing masing suku bangsa memiliki berbagai karya seni budaya, tutur dan pesan budaya yang mampu mendidik dan melakukan akselerasi untuk mengasah cipta , rasa dan karsa. Keberagaman seni budaya tersebut perlu di fasilitasi dan diimplementasikan secara optimal di sekolah dan dimasyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut maka Direktorat  Kesenian, Direktorat Jendral kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengupayakan pembinaan kesenian melalui kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS). Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan minat bakat peserta didik dibidang seni budaya, menjalin kerjasama dan sinergi antara sekolah dan seniman. Beliau secara resmi membuka acara Pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah 2017, yang ditandai dengan pemukulan gong.

Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler, agar para peserta didik dapat menyerap secara langsung ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki seniman. Materi Geakan Seniman Masuk Sekolah meliputi, 1 ) seni pertunjukkan ( seni musik, seni Tari, seni teater). 2) Seni rupa. 3) Seni media baru, 4) Seni sastra. Program ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan kecintaan dan wawasan yang lebih luas tentang karya seni budaya, sehingga memperkuat karakter para peserta didik. Dan hari ini hasil kegiatan ekstrakurikuler tersebut dipresentasikan dalam bentuk pementasan dengan melibatkan publik (guru, tenaga pendidik, komite, sekolah, seniman dan masyarakat sekitar) untuk diapresiasi.

Penampilan demi penampilan memikat perhatian para penonton yang ikut hadir pada hari itu. Penampilan tari sekapur pinang dari SDN 6 Toboali, tari kolosal dari SMPN 2 Toboali yang melibatkan 53 siswa, membuat penonton terpukau dengan kekompakkan mereka. Dengan persiapan lebih kurang 3 bulan dibawah bimbingan Kentina Siregar dan Sadam.

Penampilan yang tak kalah bagusnya adalah musik karawitan, penampilan dari SMKN 1 Toboali, kolaborasi yang sangat kompak dengan berbagai macam alat musik sehingga menghasilkan musik yang sangat enak untuk didengar. Musik karawitan SMKN 1 ini sudah pernah mendapat emas di ajang perlombaan Karawitan tingkat SMK Nasional, yang di bimbing oleh Sispurwanto , S.Pd. Satu lagi penampilan dari SMKN 1 Toboali adalah tari “ngaret”. Tari ini akan mewakili propinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Lomba seni tingkat SMK Nasional tahun 2018 di Aceh.

Acara ini dipandu oleh presenter Musyirwan dan Nurhikmah yang merupakan staf pengajar dari SMPN 2 Toboali. Pantun-pantun yang mereka berikan membuat riuh para penonton.

SMAN 1 Toboali juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, dengan menampilkan tari gersang.

Toboali mempunyai begitu banyak budaya yang perlu dilestarikan. Mudahan melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) budaya dari Kepulauan Bangka Belitung  akan bisa di lestarikan dan di ekspos ke dunia publik.

 

Berita kiriman dari Iswanto, M.Pd (SMPN 2 Toboali Bangka Belitung)

 

 

 

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung