Oleh : Riva Yuliani, S.Pd
Guru Kelas di SDN Sukarindik
Pelajaran seni budaya dan keterampilan atau biasa disingkat SBDP sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa di sekolah dasar baik itu siswa kelas rendah yaitu kelas satu sampai kelas tiga maupun siswa kelas tinggi yaitu siswa kelas empat sampai kelas enam. Pelajaran SBDP sendiri terbagi dalam dua pokok pelajaran yaitu seni rupa dan seni musik dengan aneka muatan pelajaran di dadalamnya.dan salah satu muatan pelajaran yang terdapat dalam seni rupa adalah pelajaran membuat poster yang bisa ditemukan pada pembelajaran kelas 6 tema 4.
Poster sendiri dapat diartikan sebagai media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Poster sendiri juga adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Jadi unsur seni dalam pembuatan poster perlu diperhatikan. Karena dalam pembuatannya haruslah menarik sehingga orang orang mau membaca isi dari poster tersebut.
Pembelajaran poster biasanya dilkaukan dengan metode sederhana menggunakan alat dan bahan yanag ada dan dimiliki oleh siswa seperti spidol, crayon atau pensil warna. Gambar yang dihasilkan pun masih berupa gambar sederhana walau ememang hasilnya tidak menghilangkan esensi dari poster itu sendiri. Siswa akan menggambar sendiri poster yang dibuat pada media kertas gambar baik itu buku gambar maupun karton.
Pergesaran zaman dan kemajuan teknologi menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif, termasuk dalam pembelajaran membuat poster ini. Walau pembuatan poster untuk siswa sekolah dasar bukanlah untuk tujuan komersil namun penting bukan berarti materi diberikan seacara asal-asalan. Penggunaan teknologi dalam pembuatan poster perlu diberikan salah satunya melalui penggunaan canva pada kelas VI SDN Sukarindik. Canva digunakan selain tampilan nya mudah dipahami, juga terdapat fitur berbagi hasil edit. Yang lebih utama adalah penggunaan canva ini juga untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan yaitu akun belajar.id. Dimana dengan menggunakan akun ini guru dan siswa dapat memeperoleh akun premium dari canva yaitu canva for education.
Dengan menggunakan canva for education ini guru dapat menjelaskan bagaimana pembuatan poster yang baik dengan menggunakan aplikasi. Tampilan yang mudah digunakan oleh siswa juga memudahkan dalam mengarahkan pembuatan poster menggunakan canva for education. Siswa dan guru dapat langsung berinteraksi dalam proses koreksi ketika membuat poster karena siswa dapat menggunakan canva for education ini melalau telepon genggam nya masing-masing. Sehingga walaupun pandemi memaksa sekolah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh guru dapat mengoptimalakan kegiatan pembelajaran jarak jauh ini terutama dalam pembelajran pembuatan poster ini.
Dengan menggunakan canva for education ini pula siswa lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran poster. Hal ini terlihat dari respon siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring mengenai pembelajaran poster. Siswa dapat lebih cepat memahami apa yang disampaikan oleh guru terlihat dengan hasil poster yang dibuat oleh siswa yang sudah mampu memenuhi kriteria yang sesuai dengan apa disampaikan oleh guru ketika memberikan penjelasan di awal. Hal inipun terbantu juga dengan adanya fitur sharing sehingga guru dapat mengkoreksi kekurangan tepatan siswa dengan lebih cepat dan tanpa harus menghabiskan banyak kertas. karena dengan menggunakan canva for education siswa cukup melkukan undo ataupun melakukan delete untuk mengkoreksi kekurangan tepatan pada gambar yang dibuat.
Komentar