Perjuangan Membangun ‘ Benteng ‘ Mangrove di Nusagede

KOLOM0 views

Pelestarian Ekosistem Mangrove
Perjuangan membangun ‘Benteng’ mangrove Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Pangandaran, 27 Februari 2021 pagi.

proses pemuatan benteng mangrove

Penanaman bibit pohon mangrove juga berfungsi untuk mengendapkan lumpur diakar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya instrusi air laut ke daratan. Kegiatan dilaksanakan di Nusagede, Cijulang, Sabtu 27/02/2021.
Dampak Negatif Hilangnya Mangrove
Kehilangan dan kerusakan hutan mangrove telah menyebabkan berbagai dampak negatif ekologi, ekonomi dan sosial. Mangrove yang baik terbukti melindungi pesisir pantai, termasuk manusia yang menghuninya dari hempasan tsunami dan angin badai.

penanaman mangrove


Kak Nurul Fadilah selaku ketua DKC Gerakan Pramuka Pangandaran dalam laporannya “Penanaman bibit pohon mangrove kemarin kurang lebih sebanyak 100 bibit pohon mangrove dan 50 bambu.”
Kedepannya kita akan melaksanakan pemeliharaan lebih lanjut tidak hanya menanam tapi kita juga merawatnya, jadi ini merupakan kegiatan berkelanjutan yang akan kita laksanakan nanti Ujar kak Nurul Fadilan dalam dalam wawancara.

peroses pengangkutan bambu

Tak heran jika hutan mangrove Nusagede ini, menjadi referensi destinasi ekowisata Pangandaran, Desa Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat.

Komentar