Connect with us

KANAL

Perkemahan Jumat-Sabtu di SDN Sukamulya bersama PPL UPI Tasikmalaya

|

BUNGURSARI. Sejumlah kegiatan yamg semarak mewarnai kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) yang diselenggarakan di SDN Sukamulya kali ini. Perjusa ini selain sudah merupakan kegiatan rutin sekolah tapi juga dalam rangka perpisahan dengan Mahasiswa PPL UPI Kampus Tasikmalaya yang telah mempraktikkan pengalaman belajarnya selama kurang lebih 2,5 bulandi SDN Sukamulya. Kegiatan dibagi menjadi dua yaitu Pramuka Siaga dan Penggalang. Hari pertama kegiatan (13/04) pagi sampai siang diisi pesta siaga untuk kelas I-III setelah dibuka dengan upacara siaga, siswa sangat antusias mengikuti beberapa kegiatan perlombaan anak-anak seperti permainan menjahit dan estafet karet. Canda tawa mewarnai keasyikan anak-anak bermain. Acara ditutup dengan upacara dan pembagian bagi kelompok yang berhasil memperoleh kejuaraan.
Untuk Pramuka Penggalang, kegiatan diawali dari pukul 13.00 ditandai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kakak Ikah Wastikah, S.Pd selaku Pembina. Penjelajahan adalah kegiatan pertama yang diiikuti anak-anak setelah upacara. Bersama regunya masing-masing mereka harus melewati beberapa pos untuk menyelesaikan tantangan Kakak Pembina supaya bisa melanjutkan ke pos selanjutnya. Tanpa rasa lelah setelah istirahat dan sholah Ashar anak-anak mengikuti permainan pesta rakyat seperti balap makan kerupuk, estafet dan joget balon. Berbagai kelucuan menghiasi pesta rakyat karena seluruh Mahasiswa PPL, guru dan staf SDN Sukamulya ikut serta memeriahkan.
Acara Maghrib mengaji ikut mengisi Perjusa kali ini yang bertepatan dengan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H. Setelah shalat Maghrib Berjamaah, semua peserta yang hadir mengaji bersama serta menyimak ceramah yang diberikan oleh Ibu Mina Carmina S.Ag berkaitan dengan Hikmah di Isra dan Mi’rajnya Rasulullah SAW. Maghrib mengaji ditutup dengan shalat Isya berjamaah.
Acara malam dilanjutkan dengan pembacaan Dasa Dharma Pramuka sambil mengelilingi api unggun di tengah lapangan. Acara tersebut dipimpin oleh Ibu Kepala Sekolah Noneng Rosnati, S.Pd beliau menitipkan supaya semua peserta perkemahan untuk tetap menjaga kekompakan dan kerjasama dalam tiap regunya. Selesai api unggun, tibalah acara puncak yaitu pentas seni. Selain dimeriahkan oleh penampilan siswa-siswi SDN Sukamulya juga diikuti penampilan mahasiswa UPI yang tergabung dalam Teacher Music Community mereka unjuk kebolehan dengan bermain angklung serta berkolaborasi dengan siswi-siswi yang bermain gamelan. Tentu saja hal tersebut menambah hangat suasana malam apalagi para penonton disuguhi tontonan yang cukup memukau.
Selain itu, para siswa pun tidak kalah hebat. Mereka saling unjuk kebolehan menampilkan kemampuannya dalam seni seperti vocal grup, dance, komedi, demo taekwondo dsb. Selain guru dan murid SDN Sukamulya, pentas seni tersebut juga dihadiri Dosen pembimbing Mahasiswa PPL Bapak Resa Respati, M.Pd dan orang tua murid serta masyarakat sekitar turut larut bersama dalam tontonan yang memanjakan mata dan telinga ini.Kegiatan malam berlangsung sampai jam 22.30 WIB. Kakak Pembina segera menertibkan peserta perkemahan untuk beristirahat.
Hari kedua (14/04) setelah shalat shubuh seluruh siswa dan Kakak-kakak Pembina mengikuti senam pagi dan dilanjutkan dengan operasi semut membersihkan seluruh area perkemahan dan diakhiri dengan pembagian hadiah serta upacara penutupan yang dipimpin oleh Kak Ade Wowon, S.Pd selaku Ketua panitia. Pak ade atas nama sekolah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik guru, orang tua murid, maupun masyarakat sekitar terutama kepada para mahasiswa PPL yang telah banyak membantu kegiatan sehingga berjalan lancar dan sukses. Kegiatan ini mudah-mudahan tetap menjadi agenda rutin sekolah karena mampu memberikan manfaat kepada semua terutama para siswa mereka bukan hanya belajar mandiri tetapi juga kerjasama, disiplin, kreatif dan masih banyak lagi yang dapat mereka petik dari kegiatan Pramuka ini. Dan kegiatan ini juga tidak saja mampu memberikan ilmu dan pengalaman berharga buat siswa tetapi para mahasiswa PPL yang telah mengabdikan dan mengamalkan ilmu yang mereka dapat di bangku perkuliahan sehingga nantinya terjun langsung di dunia pendidikan. Salam dan sukses buat semuanya.(Ema)

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari