Connect with us

KANAL

Prasasti Geger Hanjuang Rawa Linggamulya

|

Liputan Prasasti Gegerhanjuang, Cikal Bakal terbentuknya Kabupaten Tasikmalaya

Prasasti Gegerhanjuang terletak di Kampung Gegerhanjuang Desa Linggamulya Kec.Leuwisari Kab. Tasikmalaya.

Pemerintahan Kab. Tasikmalaya merupakan kelanjutan dari Kab. Sukapura. Sukapura kelanjutan dari Kab. Sukakerta dan Sukakerta merupakan kelanjutan dari Kerajaan Galunggung. Keberadaan kerajaan Galunggung itu dapat ditemukan bukti sejarahnya, salah satunya di Prasasti Gegerhanjuang.

Prasasti ini ditemukan pada tahun 1877 oleh K.F. Holle. Kemudian tahun 1914 oleh Dr. Rom dibawa ke Museum Pusat Jakarta dan sampai saat ini prasasti asli yang tingginya 80 cm dan lebar 60 cm tersimpan baik di museum tersebut.

Prasasti yang sekarang ada di Gegerganjuang hanya merupakan replika dari yang aslinya. Isi prasasti tersebut berkaitan dengan pentasbihan Raja Galunggung Batari Hyang pada hari ke 13 bulan badra tahun 1033 saka rumantak, bertepatan dengan tanggal 21 Agustus 1111.

Pada tanggal 25 Januari 1986, saat itu saya berusia sekolah MI kelas 6 dan ikut menyaksikan, di lokasi Gegerhanjuang ada acara besar pengukuhan hari Jadi Kab. Tasikmalaya oleh Bupati Haji Hudli Bambang Aruman. Ketika itu ditetapkan bahwa setiap tanggal 21 Agustus diperingati sebagai Hari Jadi Kab. Tasikmalaya.

Kini lokasi Gegerhanjuang merupakan destinasi wisata sejarah yang unik dan menarik serta menambah khazanah pengetahuan. Tertata dengan baik, bersih, dan area parkir yang cukup luas.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung