Pembiasaan Keagamaan di SDN I Gobras

KIPRAH5 views

Di pagi yang cerah itu suara lalu lalang kendaraan menghantarkan anak didik kami yang soleh dan solehah untuk mencari ilmu di SDN 1 Gobras. Hati riang, gembira dan semangat yang berderu tergambar di raut wajahnya. Hari itu adalah hari Jum’at, di sekolah kami selalu diadakan Sholat Dhuha bersama, dilanjutkan dengan membaca Surat Yasin dan tausiah keagamaan. Dan di hari Jum’at ini, kegiatan pembiasaan dikaitkan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, serta pembiasaan makan bersama dilanjutkan dengan kegiatan kebersihan yang biasanya dilaksanakan pada hari Sabtu.

Pukul 07.00 WIB mereka sudah bersiap-siap untuk melaksanakan pembiasaan hari Jum’at. Sejadahpun digelar dan mereka duduk dengan rapi, sambil menunggu peserta didik yang belum datang. Pembiasaan dimulai dengan sholat Dhuha bersama, mengaji Yasin, Tausiah keagamaan, dan tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan.

Kegiatan diawali dengan shalat Dhuha bersama. Kami melaksanakan Sholat bersama dengan khusyu dipandu oleh guru agama. Para peserta didik dan guru-guru juga tidak ketinggalan mengikuti kegiatan bersama mereka . Mereka sholat dengan harapan mendapat berkah dan pahala yang sebesar-besarnya. Tanpa ada yang bersikap menyepelekan dan meremehkan, walaupun kegiatan ini dilaksanakan di lapanghalaman sekolah dengan menggelar terpal karena sekolah tidak memiliki sarana ibadah, tetapi semua melakukannya dengan khusyu. Para peserta didik begitu antusias dan bersemangat.

Selesai sholat Dhuha , kegiatan dilanjutkan dengan membaca surat Yasin diikuti oleh semua warga sekolah. Semua peserta didik, kepala sekolah, guru dan staf yang lain mengaji bersama dengan dipimpin oleh salah seorang guru. Suara lantunan ayat-ayat suci Al- Qur’an terdengar begitu indah, kompak dan menyentuh hati. Di pagi itu kami larut dalam suasana yang begitu khidmat membacakan surat Yasin, memohon ridho dari Allah SWT. Usai membaca surat Yasin, kami lanjutkan dengan do’a bersama. Berdo’a dipimpin oleh salah seorang guru. Kami berdo’a dengan khidmat dan penuh harapan bahwa do’a-do’a kami dikabulkan.

Pembiasaan hari Jum’at kali ini berbeda dengan hari Jum’at biasanya dikarenakan kali ini kegiatan dikaitkan dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad saw., maka kami lanjut menyimak tausiah keagamaan, dengan tema “Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW” Tausiah disampaikan oleh guru agama di SDN 1 Gobras yaitu Ibu Ania, S.Pd.I. Dalam menyimak ini peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 6 harus bisa menceritakan kembali dalam bentuk tulisan dengan kata-kata sendiri. Oleh karena itu, peserta didik harus benar-benar mendengarkan dan memperhatikan isi tausiah tersebut. Untuk memotivasi semangat peserta didik, kegiatan menuliskan kembali kisah Isra Mi’raj Muhammad SAW diberi penghargaan bagi yang terbaik dari tiap tiap kelas.

Peserta didik yang mendapat penghargaan harus dapat mempresentasikan hasil tulisannya di depan teman-temannya. Sebagai motivasi bentuk penghargaan bagi peserta terbaik dari tiap kelas,kami menyediakan hadiah alakadarnya. Dengan harapan seluruh peserta didik yang lain bisa mengikuti jejak teman-teman yang sudah berani tampil di depan yang lain.

Komentar