Terhubung dengan KAPOL

KOLOM

PTK, Antara Ideal dan Realita

|

Guru dituntut untuk dapat membiasakan diri merespons permasalahan yang muncul di lingkungan kerjanya dan melakukan upaya untuk mencari solusinya. Salah satunya dengan menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas).
PTK ( Classroom Action Research ) merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama (Arikunto : 2006).
Selanjutnya, Supardi ( 2006:102) menerangkan bahwa PTK sedang berkembang dengan pesatnya di negara-negara maju seperti Inggris, Amerika, Australia dan Canada. Para ahli penelitian pendidikan akhir – akhir ini menaruh perhatian yang cukup besar terhadap PTK.
Seperti yang tersurat pada judul artikel ini bahwa PTK menjembatani kesenjangan antara kondisi ideal dan realita. Seorang guru, dalam hal ini sebagai peneliti menemukan kondisi
yang sebenarnya di dalam kelas yang tidak sesuai dengan harapan ( masalah). lalu berusaha untuk memperbaikinya dengan melakukan teknik-teknik baru dalam proses pembelajaran di kelasnya untuk mencapai kondisi ideal.
Berikut prinsip-prinsip dasar yang melandasi PTK , antara lain:
1. Tugas pendidik dan tenaga kependidikan yang utama adalah menyelenggarakan pembelajaran yang baik dan berkualitas.
2. Meneliti merupakan bagian integral dari pembelajaran yangbtidak menuntut kekhususan waktu.
3. Kegiatan meneliti, yang merupakan bagian integral dari pembelajaran harus diselenggarakan dengan tetap bersandar pada alur dan kaidah ilmiah.
4. Masalah yang ditangani adalah masalah – masalah pembelajaran yang riil.
5 Konsistensi sikap dan kepedulian dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Dari uraian di atas bisa digarisbawahi bahwa PTK bukan sekedar kegiatan menulis, namun lebih dari itu merupakan penelitian yang harus dilakukan secara berkesinambungan.
Kita sebagai guru dituntut untuk mampu melakukan penelitian yang satu ini.
Semoga bermanfaat….

Salam Literasi

Advertisement

Komentari