Terhubung dengan KAPOL

KOLOM

Review Buku 25

|

Oleh : Eti Nurhayati ( Guru SMPN 1 Sariwangi kab Tasikmalaya )

Judul buku : Menjadi Penulis Dan Penyunting Sukses
Penulis : Wahyu Wibowo
Penerbit. : Bumi Aksara, 2009

Alasan Memilih Buku:
Saya memilih buku ini karena saat ini saya mulai menekuni lagi dunia tulis menulis.
Kepiawaian seseorang dalam menulis tidak hanya ditentukan oleh minat dan bakat, tetapi juga dapat ditumbuhkembangkan lewat pelatihan – pelatihan, baik secara kelompok maupun perorangan.

Isi:
Buku ini tebalnya 173 halaman. Berisi langkah- langkah yang harus difahami oleh seorang penulis maupun penyunting, diantaranya meliputi: Memahami tata permainan bahasa, melihat relasi antar kalimat, mengedit kata- kata, tekstur dan konteks,membangun alinea serta memahami etiket wacana. Ditegaskan pula, supaya tulisan kita bisa tampil wajar dan proporsional, kita harus pandai berswasunting, maksudnya menyunting karya kita sendiri.
Sejak awal, penulis buku ini berpendapat
bahwa dunia tulis menulis sejajar dengan proses berpikir jernih, yakni menimbang segala sesuatunya secara objektif, matang dan logis.Dengan berpikir jernih berarti kita mampu menjaga kesatuan dan keutuhan keanekaragaman pikiran yang muncul dalam tulisan kita, sehingga tulisan kita akan berkesan wajar, rapi dan elegan.
Dalam buku ini dibeberkan secara mendalam pengetahuan dan pemahaman penulis di bidang Linguistik berikut filosofinya.

Kesimpulan/ Hikmah:
Untuk menjadi penulis dan penyunting yang sukses, seseorang harus memahami hal ikhwal yang berhubungan dengan kebahasaan, filosofi dan etika.

Salam Literasi….!!
..

Advertisement

Komentari