oleh

Revolusi Mental Berbasis Pendidikan Karakter

Oleh : Eti Nurhayati

Judul Buku : Revolusi Mental Berbasis Pendidikan Karakter
Penulis : Idris Apandi
Penerbit : Lekkas
Jumlah Halaman: 147 halaman
Tahun Terbit : 2017

Alasan Memilih Buku:
Saya memilih buku ini karena tertarik pada judulnya, terdapat kata “Revolusi Mental”. Apabila mendengar kata “Revolusi” terbayang dalam benak saya sesuatu yang ekstrim, bahkan bisa juga bersifat radikal.

Isi Buku:
Buku ini terdiri dari 147 halaman. Di dalamnya terdapat 3 bagian, yakni: bagian pertama (Hakikat Revolusi Mental), bagian kedua (Revolusi Mental Melalui Pendidikan Karakter), dan bagian ketiga (Revolusi Mental, sebuah untaian pemikiran).

Membaca ini benar-benar membuka wawasan tentang apa yang terjadi pada mental kita dan mentar orang-orang di sekitar kita yang enggan atau malu untuk sekedar mengucapkan kata-kata seperti “maaf” , “tolong”, dan “Terima kasih”, padahal dengan kata-kata itulah bisa terjalin persatuan antar individu, Individu dengan masyarakat, dan suatu masyarakat deangan masyarakat lainnya (antar masyarakat).

Lebih miris lagi, bahwa kejujuran menjadi sesuatu yang langka. Selain itu lali terhadap janji atau mengabaikan janji banyak terjadi, baik di kalangan rakyat biasa, maupun di kalangan para pemimpin dan wakil rakyat. Itu sebabnya perlu adanya revolusi mental agar terbentuk pribadi atau masyarakat yang berkarakter.

Hikmah:
Setelah membaca buku ini, saya lebih mengetahui betapa pentingnya revolusi mental dilakukan dengan Pendidikan karakter, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat. Pendidikan ini harus menyentuh semua lapisan masyarakat, baik tua maupun muda.

Komentar

News Feed