oleh

Menjemput Ilmu dari Pengalaman

Oleh: Eti Nurhayati

Judul Buku : Menjemput Ilmu dari Pengalaman
Penulis : Ilam Maolani
Penerbit : LEKKAS
Tebal Buku : 195 halaman
Tahun Terbit : 2019
Alasan Memilih Buku:
Saya tertarik untuk membaca buku ini karena ingin tahu lebih jauh bagaimana penulis menjemput ilmu dari pengalamannya.
Isi:
Buku ini terdiri dari 195 halaman 80 point pengalaman penulis berikut inti pesan yang ingin disampaikan dari pengalaman-pengalaman tersebut.

Dengan membaca buku ini saya mengetahui betapa setiap peristiwa menarik dan bermakna. Bila kita merenungkan dan mengambil intisari dari setiap peristiwa.

Penulis sangat pandai mengambil intisari dari obrolan usai takziah tentang kebaikan yang dibalas kebaikan, obrolan di sebuah mobil tentang Ethos, Pathos , dan Logos. Inilah bagian buku yang menjadi salah satu sumber pengetahuan baru.

Ethos merupakan sumber kepercayaan. Dalam hal ini seorang pembicara atau orator harus dipercaya oleh audiencenya. Pathos adalah himbauan emosional atau sesuatu yang berhubungan dengan emosi manusia. Pembicara harus mampu membawa pendengarnya pada suasana sesuai dengan topik yang diceritakannya.

Sedangkan Logos mempunyai arti Logis. Ethos, Pathos, dan Logos adalah landasan utama bagi seseorang untuk dapat berbicara di depan audience. Apabila seorang pembicara sudah memiliki ketiga aspek itu maka dia dikatakan ahli di bidang komunikasi,aspirasi, dan penyampaian pendapat.

Hikmah:
Dengan membaca buku ini, banyak sekali ilmu yang didapat, terutama hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan dan keagamaan.

Komentar

News Feed