Connect with us

KOLOM

Salah Pergaulan Buat Hati Tidak Tenang

|

 

Salah Pergaulan Buat Hati Tidak Tenang

Oleh : Nurfadilah

 

Dalam pergaulan kita mesti memilih yang menurut kita dan pandangan orang lain baik. Mungkin ada sebagian menganggap teman baik tapi sebenarnya, tidak baik. Hal itu akan menjadikan pengaruh negatif pada diri kita. Kita pasti tidak ingin kalau kita terkena masalah kan!. Kalau kita terkena masalah pasti ujung ujungnya orang tua kita yang di salahkan.

Bermain itu adalah hal yang paling menyenangkan bagi kita terutama anak. Misalnya; bermain boneka, mobil-mobilan, dan permainan yang menurut anak-anak menyenagkan. Disaat masa bermain kita juga harus ingat waktu belajar, jangan pulang terlambat, dan jangan main yang dilarang oleh orang dewasa. Dan bergaulah dengan teman yang seumuran dengan kita.

Mengapa begitu? Karena kalau kita bermain bersama teman yang tidak seumur dengan kita belum tentu tepat. Misalnya, kenapa kamu sering bolos? Jawabannya bisa jadi main ke warnet, atau sering ada yang bilang kepada orang tuanya kalau ia pergi ke sekolah tapi, ketika di sekolah ia tidak ada. Itu mengakibatkan guru dan orang tua resah.

Maka dari itu orang tua perlu lebih mengawasi anaknya; dengan siapa ia bermain dan waktu belajar harus di utamakan.

Bukan hanya orang tua saja tapi guru, teman atau tetangga wajib memperingatkan dan menasehati anak-anak atau dewasa untuk bergaul dengan orang yang baik-baik agar tidak membawa dampak negatif pada diri sendiri.

Nah, dengan begitu anak-anak atau orang yang sudah dewasa bisa menjaga dirinya dan mengubah pergaulan menuju ke arah yang lebih baik dan membawa dampak positif bagi diri sendiri.

 

 

Penulis, Siswi Kelas VI SDN Sukamulya Kota Tasikmalaya

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari