Connect with us

KOLOM

Semangat Belajar Karena Allah.

Ok

|

Belajar kerana Allah, mendengar saja kata-kata itu hati ini serba sedikit akan terasa kepayahan. Benar bukan?Karena apa? Karena sistem pembelajaran kita sekarang ini lebih berorientasikan hasil bukan pada prosesnya. Bukan tidak setuju,tapi adakalanya situasi ini mencengkram pendirian dan motivasi setengah individu untuk lebih mencintai Ilmu berbanding mencintai “proses mendapatkan ilmu”.
Bagaimana kita mampu untuk memanipulasi pemikiran kita sendiri bahwa sepanjang proses pembelajaran ini, sejauh mana kita mampu untuk mengaplikasikan segala teori-teori yang telah dipelajari ke dalam realiti.
Ya!Aku belajar kerana Allah. Aku belajar karena aku umat Islam yang ingin gemilang. Aku ingin jadi pelopor kepada penemuan-penemuan baru. Aku ingin gunakan ilmu aku untuk orang lebih mengenali siapakah pencipta ilmu yang hebat ini. Aku belajar bersungguh-sungguh sebab aku ingin orang mengenal aku dengan kesungguhanku. Oleh karena itu, ada beberapa tips belajar menurut Islam yang sangat baik untuk kita pelajari dan laksanakan..

1.Niat menuntut ilmu untuk mencari keredhoan Allah, dengan cara ini Allah akan berikan jalan keluar dalam setiap langkah yang buntu.
2.Patuh pada guru, tidak durhaka pada guru, orang tua, tidak berbuat jahat pada siapa saja atau apa saja. Contoh yang durhaka pada guru: Tsa’labah yang tidak patuh pada Rasul, Qarun yang tidak mau ikut dengan Nabi Musa. Keduanya mati dalam keadaan jauh dari Allah Swt. Naudzubillahimindzalik.
3.Tidak berbuat aniaya pada siapa atau apapun, menganiaya kawan atau makhluk lain akan membuat hati menjadi mati dan mudah berbuat dosa berikutnya.
4.Menghindari dosa dosa besar dan kecil
Misalnya: berbohong akan menjauhkan kita dari kebenaran.
5.Mengamalkan ilmu yang telah dimiliki secara terus menerus, dengan mengamalkan ilmu kita melakukan penghayatan dan Insya Allah akan mendapatkan ruh dari apa yang kita lakukan. (setiap apa yang kita lakukan memiliki ‘ruh’ lihat ruh dalam beramal). Kita juga akan melakukan dua amalan yaitu mengamalkan ilmu dan berusaha istiqomah. Moga mendapat keredhoan Allah.
6.Memenuhi adab dan tata cara mencari ilmu; misalnya: dimulai dengan berdoa, sebaiknya menghadap qiblat, mendengar dengan tertib, tidak memotong perkataan guru, dll.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari