Connect with us

KOLOM

Sosialisasi Program PKB di Kecamatan Bungursari

|

Sejumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari 17 sekolah Kecamatan Bungursari UPT Wilayah Barat, yang terdiri dari Kepala Sekolah dan guru kelas mengikuti kegiatan KKG. Kegiatan yang bertempat di SDN Sukamulya (21/06/2017) ini, diprakarsai oleh K3S dan PGRI Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya. Pendidik dan Tenaga Kependidikan tersebut berasal dari 3 Kelompok Kerja Guru (KKG). Agenda kegiatan yang dipandu oleh Ibu Cucu Juariah, S.Pd dari perwakilan K3S Bungursari kali ini berisi sosialisasi Program PKB, Pembentukan Ketua KKG dan pengurusnya, serta informasi pemutakhiran data PTK dan Bimtek Verval PTK di Komunitas.

Menurut Kendra Rodiyansah S.Pd selaku narasumber kegiatan, semua guru harus masuk komunitas untuk pengembangan profesinya. Komunitas tersebut berperan sebagai bengkel atau pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu bagi yang tidak masuk komunitas, tidak akan pernah diperhatikan pengembangan profesinya.

Syarat mengikuti PKB, semua guru harus login di SIM PKB masing-masing . Untuk itu mereka harus terdaftar di komunitas, dan ketua komunitas memegang informasi anggotanya, termasuk password. Bila anggota komunitas terlupa password, Ketua berhak untuk me-reset dan mencetak password baru. Karena PKB dasarnya UKG, guru-guru yang belum UKG, harus ikut UKG dulu. UKG ulang pun berlaku bagi PTK yang hendak melakukan pindah kelas atas-bawah atau mata pelajaran.

Tanggal 17 Juli 2017 adalah tanggal penting sebagai batas akhir nasional login di SIM PKB. Untuk dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya memajukan  menjadi tanggal 1 Juli2017  supaya mempercepat pendataan. Setiap komunitas PKB, misalnya MGMP atau KKG, segera mendaftarkan komunitasnya ke admin Dinas Pendidikan untuk dibuat namanya di SIM PKB. Untuk itu, semua PTK harus mendaftar di komunitasnya, MGMP/KKG dan atau MKKS.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak GTK Disdik Kota Tasikmalaya, di Bungursari terdapat  pemetaan tiga KKG yakni Gugus Letnan Harun, Gugus Santana dan Gugus Sakarembong. KKG Gugus Letnan Harun akan menjadi penyelenggara PKB untuk kelas Atas dan untuk kelas bawah diselenggarakan oleh Gugus Santana yang beranggotakan guru-guru dari SDN Rancabendem, SDN Sukalaksana, SDN Bungursari, SDN Sukarindik, SDN 3 Sukarindik, SDI Al-Istiqomah, SDN 1 Manangga, SDN 2 Manangga, SDN Leuwikidang, SDI Al-Jamal dan SDN Sukamulya.

Untuk KKG Gugus Sakarembong terdiri dari SDN Bantarsari, SDN Cibunigeulis Inpres, SDN 1 Cibunigeulis, SDN 2 Cibunigeulis, SDN 3 Cibunigeulis, SDN 4 Cibunigeulis hanya menyelenggarakan PKB kelas atas dan Kepala Sekolah serta sekolah yang berada di lingkungan KKG  Gugus Prabudilaya Kecamatan Mangkubumi, sehingga untuk PTK KKG Gugus Sakarembong kelas bawahnya dikelola oleh KKG Gugus Prabudilaya

Kegiatan juga telah memutuskan secara aklamasi ketua masing-masing KKG. Kendra Rodiyansah, S.Pd sebagai ketua KKG Gugus Letnan Harun Kelas atas, Yusuf Darmadi, S.Pd selaku ketua KKG Gugus Sakarembong Kelas Atas serta Kepala Sekolah, dan untuk KKG Gugus Santana Kelas Bawah oleh Ema Astri Muliasari, S.Pd. Selanjutnya untuk pembentukan susunan pengurus tiap KKG akan sepenuhnya diserahkan kepada Ketua KKG terpilih berdasarkan hasil musyawarah dengan anggotanya.

Selain menghasilkan beberapa hal mufakat diatas, kegiatan juga diisi dengan Bimtek Verval PTK di Komunitas masing-masing. Kuncinya setiap peserta harus mempunyai akun dan password supaya bisa login. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal nanti mengikuti PKB Berbasis Komunitas. Dengan begini semua pendidik dan tenaga kependidikan mampu mengikuti PKB dengan ikhlas, terampil, dan komitmen yang tinggi sebagai pembelajar sepanjang hayat.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari