oleh

Surat Kecil untuk Suamiku

Karya : Lilis Endang Sunarsih

 

Baru dua minggu yang lalu saya mengirimkan pemberkasan apelan kenaikan pangkatku ke IVd setelah hampir satu tahun tertunda. Itupun karena Teh Eros teman kuliah dulu yang mengingatkan. Masih ingatkan sama Teh Eros ?. Katanya kau sangat mengharapkanku terus semangat melanjutkan dan memperjuangkan kenaikan pangkat tersebut.

Setelah saya kirim ternyata masih ada yang kurang dalam lampiran laporan Penelitian Tindakan Kelas yaitu surat izin penelitian. Biasanya ada yang selalu mengingatkan untuk meneliti dan memeriksa kembali lembar demi lembar, berkas demi berkas yang harus dikirim sehingga seseuai dengan yang diharapkan. Saya hanya dapat berharap semoga Allah berkehendak menutup kekurangan dan kesalahan berkas itu dan semoga dengan Ridho dan RahmatNya berkas kenaikan pangkat saya disempurnakan. Aamiin.

Saya cek apakah berkas sudah sampai di LPMP atau belum melalui aplikasi SIMPAK JAGUR. Tetapi aplikasi tersebut tidak dapat dibuka. Melalui kenalan di LPMP saya tanyakan hal tersebut, dan ternyata aplikasi sedang error dan berkas masih di PO BOX. Karena sidang Karya Tulis untuk tahun ini sudah dilaksanakan pada bulan September 2021 dan baru akan diadakan tahun 2022. Semoga saja masih sempat terkejar sebelum masa pensiun. Perjuangan kenaikan pangkat kali ini hanya ditemani anak dan mantu-mantu saja. Alhamdulillah kau telah mewariskan anak, mantu dan cucu-cucu yang sangat berbakti kepada kita.

Dulu ketika kenaikan pangkat ke IVb, seperti halnya kenaikan pangkat ke IVd ini saya tidak mempunyai teman. Berkat dukungan yang sangat besar dari suami tercinta waktu itu sehingga dapat mendobrak benteng yang kokoh untuk berhasil naik pangkat ke IVb dan menjadi motivasi rekan-rekan untuk naik pangkat ke IVb dengan membuat karya tulis ilmiah berupa PTK. Sepuluh orang yang menyusul saya ke IVb, sehingga ketika kenaikan pangkat ke IVc saya tidak sendiri. 

Saya terkenang masa-masa terakhir kebersamaan kita, Suamiku. Desember 2020 ASN diharuskan membuat tentang profil yang kemudian diupload ke chanel youtube. Tentu saja ini tidak dapat dikerjakan di ruang inap sebuah rumah sakit. Dengan kondisi seseorang yang merupakan pendamping hidup, belahan jiwa, penyemangat hidup dan pintu surga seorang istri  terbaring menahan rasa sakit. Walaupun beberapa kali pihak sekolah mengingatkan waktu terakhir pengumpulan Profil ASN hampir berakhir, yaitu tanggal 23 Desember 2020. Biarlah apapun yang akan menjadi sanksi atas ketidaktaatan sudah tidak diindahkan. Siap menerima resiko apapun dari semua itu.

Ingatkah kau ketika pagi hari Selasa 22 Desember 2020, kau ingin duduk di teras ruang inap. Dengan menggunakan kursi roda anak kita mengantar ke teras. Tidak lama berselang terdengar dari dalam ruangan “Lho, kemana pasiennya?”, dengan spontan kita menengok ke dalam dan serentak menjawab ”disini Dok’. Mengetahui pasiennya sudah dapat keluar maka  dokter spesialis penyakit dalam itu mengatakan bahwa kau diizinkan pulang hari itu. “Benar Dok?” “ Benar, dengan syarat di rumah harus disediakan tabung oksigen ya”. Dengan wajah yang gembira kita serentak menjawab “ Siap, Dok”

Rabu 23 Desember 2020 hari terakhir pengumpulan profil ASN, dengan izinmu saya mengerjakan profil dan menguploadnya ke youtube. Tiba-tiba menantu kita berlari dari bawah mengabarkan kondisimu. Di atas pembaringan, anak kita  membisikkan lafadz “La ilaha illaha Ilallah”  di telinga kirimu dan saya langsung membisikkan hal yang sama di telinga sebelah kananmu. Kau mengucapkan kalimat tersebut tanpa keluar suara. Sang motivator telah pergi untuk selamanya.

Saya sebagai seorang wanita yang mempunyai sifat mengalir apa adanya tanpa ada beban dan target yang akan dicapai. Seorang wanita yang begitu menikmati apapun yang diperoleh, lurus, tidak peka terhadap sindiran atau gunjingan orang dan tidak mempunyai rasa percaya diri. Menganggap semua orang itu baik, semua orang itu lebih pandai. Awalnya saya tidak paham apakah ini suatu kelebihan atau kekurangan ?  kaulah yang mengatakan bahwa sifat seperti itu bisa baik bisa juga buruk dan dapat mencelakan diri sendiri, tergantung situasi dan kondisinya.

Kau pulalah yang  telah memotivasi  untuk memiliki dedikasi yang tinggi dan selalu meningkatkan kompetensi sebagai ASN. “Dengan mengaktualisasi diri melalui berbagai pelatihan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didik. Apalagi sekarang peserta didik yang dihadapi adalah generasi milenial yang tidak dapat disamakan dengan generasi kita, maka otomatis cara belajar dan mengajarpun berbeda. Paling utama harus tetap rajin dan semangat” kata-kata yang selalu terngiang ditelinga saya dan Insya Allah akan menjadi motivasi dalam memjalankan tugas disisa masa pensiun ini. Salam kangen untukmu penghuni surga, dari istrimu yang masih tinggal di dunia fana.

 

Cimahi, 09 November 2021

 

Penulis adalah guru SMAN 4 Cimahi. Lahir di Banjarmasin, 24 Agustus 1963. Alamat rumah : Pondok Cipta Mas D1 no , 10 Cimahi – Jawa Barat No Tlp rumah/ HP : 022- 6673638 / 082117485046. Pernah sekolah di SDN Tegallega VII Bandung tahun 1975, SMPN 3 Bandung tahun 1979, SMAN 11 Bandung tahun 1982, IKIP Bandung – D3-Biologi tahun 1985, UT- Bandung – S1- Biologi tahun 1997, STKIP Siliwangi – S2. Riwayat Mengajar : SMAN Talaga –Majalengka (1985-1992), SMA Pasundan Cikijing-Mjalengka, SMAN Bantarujeg- Majalengka, MA. PUI Talaga- Majalengka, SMAN 4 Cimahi (1992 – sekarang), SMA Warga Bakti (2000 – 2013), SMP IT Baitul Anshor, dan SMA Kartika (2013). Adapun karya tulis yang pernah dibuat diantaranya: Jurnal ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Indra dan Sistem Hormon melalui Metode Creative Problem Solving’ ISSN 1979-6218 Vol.8 No.1- Des’15, LPMP Jabar 2 Best Practise ‘SPMI Mengembalikan Kedigjayaan dan Melebarkan Sayap SMAN 4 Cimahi Menuju Sekolah Terbaik dari yang Terbaik’ Tahun 2017,  Best Practise ‘Menciptakan Suasana Gembira dalam Pembelajaran Zaman Revolusi Industri 4.0’ Tahun 2018, Artikel ‘Program Pengembangan Sekolah Berbasis Vokasi dan TI di SMA Negeri 4 Cimahi’ No.362 Feb’19 Majalah Pendidikan Prov. Jabar, Jurnal ‘Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA-6 SMAN 4 Cimahi pada Materi Pembentukan Urine’ ISSN : 2477-1724 Vol. 3 Juni 2018 , JMTP.

Komentar

News Feed