Connect with us

KOLOM

Tatang, Aktif di KKG Mengantarkannya menjadi Pemakalah Tebaik

|

Provinsi DKI Jakarta lewat perwakilan guru yang terpilih mengikuti seminar nasional 3 yaitu Tatang, M.Pd berhasil menyandang pemakalah terbaik. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. DR Muhadjir Effendy bersama 9 pemakalah terbaik lainnya dan 9 pemoster terbaik. Moment itu dirasakan istimewa karena betepatan pada puncak perayaan Hari Guru Nasional ke-72 di kantor Kemendikbud RI.

Tatang mengangkat makalah dengan judul Peningkatan Kompetensi Guru Melalui KKG. Menurrutnya, Kelompok Kerja Guru (KKG)  memiliki peranan penting  di antaranya sebagai wadah  informasi pendidikan sesuai perkembangan zaman. Program KKG dapat dilakukan dalam penyamaan persepsi untuk peningkatan mutu pembelajaran.  pengembangan metode, karier, penelitian, dan  penulisan karya tulis ilmiah.

Dalam makalahnya Tatang menjelaskan bahwa Guru merupakan salah satu komponen penting yang mempunyai peranan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Peranan guru dalam KKG sangat berdampak terhadap kompetensi guru. Bangsa bisa maju tidak lepas dari peran seorang guru. Guru yang memiliki kualitas paedagogik, sosial, kepribadian, dan ptofesional akan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan tuntutan zaman yang terus berubah. Oleh sebab itu, guru juga dituntut untuk mampu mengikuti perubahan zaman dengan peka terhadap dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Isi makalah tersebut bagi Guru SDN Lenteng Agung Jakarta Selatan ini merupakan bentuk tanggung jawabnya di KKG Muhammad Husni Thamrin, Kabupaten Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta. KKG ini terbilang aktif salah satunya dalam menyusun soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan telah dipergunakan oleh sekolah-sekolah lainnya di Jakarta.

Tatang juga bersama KKG tempatnya mengabdi telah banyak menerbitkan buku diantaranya :  Buku KTSP Kreatif Bahasa Indonesia Kelas 1-6), Penerbit Duta, tahun 2012- sekarang (ISBN) – Buku K13, Kreatif Tematik Penerbit Duta (Kelas 4-6), tahun 2013-sekarang (ISBN) – Buku Latihan USMBD , Pasti Top, Penerbit Duta,( Kelas 6) tahun 2015-sekarang (ISBN) – Buku Pendamping K13, Pasti Bisa Bahasa Indonesia, (Kelas 4-6), Penerbit Duta, tahun 2013- Sekarang (ISBN). Dan satu lagi buku yang sedang dalam proses pembuatan berjudul “Cinta Bahasa Indonesia”

Menurut Pria kelahiran Bogor, 2 Juni 1968 dengan mengikuti kegiatan seminar nasional ini dirasakan  sangat menyenangkan, karena dapat bertemu dengan para narasumber dan peserta seminar yaitu guru-guru hebat se-Indonesia. Banyak pula yang bisa diperoleh dari kegiatan tersebut, Selain ilmu yang dapat menunjang karier dan juga berdampak untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Motivasi Tatang mengikuti kegiatan Seminar Nasional tersebut karena akan mendapatkan ilmu-ilmu baru, sahabat-sahabat baru, serta gaya hidup sebagai guru. Pesan beliau untuk Guru-guru hebat se-Indonesia, kita terus berkarya, belajar, dan terus belajar untuk pendidikan Indonesia lebih maju.

  1. Judul buku yang akan ditulis : Cinta Bahasa Indonesia 21. Judul buku yang pernah ditulis : –
Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari