oleh

Terobosan KKG Wiradadaha 6

Oleh : Yaya Nirwana, S.Pd.

Sabtu, 8 Pebruari 2020 KKG Wiradadaha 6 memulai kegiatannya sesuai jadwal yang telah disusun. Pada tahun 2020 KKG Wiradadaha 6, merencanakan mengambil 3 dari 5 paket kegiatan kolektif guru, seperti yang disyaratkan. Kegiatan pada Hari Sabtu tersebut dsilakasnakan di SDN 1 Cikalang dan dihadiri oleh guru- guru yang ada di lingkungan Gugus Wiradadaha 6 dan perwakilan dari K3S gugus.

Ada yang lain dari pelaksanaan KKG kali ini, setelah melakukan mengikuti materi paket 4, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan tambahan berupa materi matematika realistik, hal ini dilaksanakan sesuai hasil musyawarah jajaran pengurus dan K3S gugus, bahwa perlu adanya trobosan kegiatan KKG untuk menambah motivasi dan penguasaan pemahaman guru. Pemilihan materi Matematika Realistik, bukan tanpa alasan, pada tanggal 18 Pebruari mendatang, di Kecamatan Tawang qkan dilaksnakan kegiatan OSN Siswa tahun 2020, dengan demikian kegiatan ini dimanfaatkan oleh guru-guru untuk memperdalam pemahaman mengenai soal-soal OSN, sehingga mereka bisa lebih kaya dalam memberikan latihan kepada anak didiknya di sekolah masing-masing.

Materi MR yang disampaikan oleh Redi Himawan, M. Pd, beliau adalah dosen jurusan Pendidikan Matematika UNSIL, benar-benar membuat suasana KKG lebih “hidup”, senda gurau, gelak tawa , tepuk tangan riuh menyelingi adu cepat guru- guru mengerjakan soal yang diberikan pemateri. Kegiatan dimulai pukul 11.00 dan berakhir pukul 13.00, meskipun cukup singkat tapi kegiatan hari itu memberikan angin segar ditandai oleh semangat guru-guru mengikuti kegiatan.

Di akhir kegiatan, perwakilan K3S yaitu Hj. Rina Gustiarninsih, S. Pd, mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh pengurus untuk menghidupkan KKG, dan berharap terus dilanjutkan, beliau juga berpesan, KKG sebagai “dapur” guru bukan hanya slogan tetapi benar- benar dapat direalisasikan. Sehalan dengan itu salah seorang pengurus KKG, Erfin, M. Pd., mengatakan bahwa pengurus sudah menyiapkan program-program terobosan lainnya,  disamping program utama, program-program tersebut diantaranya, praktik penerapan model-model pembelajaran, metode cepat dan praktis menulis, penguatan literasi dll.

Komentari

News Feed