Connect with us

KOLOM

Tips Bijak Bermedsos

|

INDIHIANG. Forum Guru Menulis pada hari Jumat (14/12/2018) melaksanakan rakor tentang program kerja 2019 dan persiapan ulang tahunnya keempat. Rakor kali ini digagas oleh Pak Ilam Maolani dan dilaksanakan di mesjid seputar wilayah Sindangpalay yang bernama mesjid Nafisah Syakur. 

Rakor yang baru pertama kalinya diadakan disebuah mesjid ini dinamakan Itikaf Literasi. Hal istimewa rakor kali ini dengan diundangnya narasumber dari sebuah perusahaan seluler Indosat cabang Tasikmalaya. Forum Gumeulis menghadirkan ibu Erna yang mengambil tema bijak bermedsos.

Ibu Erna menuturkan bagaimana sebuah berita di media sosial dapat mempengaruhi pembaca dan lingkungannya.Pada zaman sekarang antara berita haq dan berita hoax begitu tipis. Disinilah perlunya diadakan saring sebelum sharing. Karena apabila tanpa filter, hal itu bisa jadi bumerang bagi yang membuat/membagikannya.

Pada paparannya ibu Erna memberi tips bagaimana bijak menggunakan media sosial. Pertama, filter pertemanan kita. Seorang teman bisa mempengaruhi tingkah, pola fikir dan kebiasaan kita. Pilihlah teman yang positif, selalu menebar kebaikan dan bisa membawa kita ke arah lebih baik.

Kedua, pasang identiatas asli namun tidak bersifat pribadi. Ketiga, tidak perlu berbagi nomor telepon dan informasi penting lainnya. Jadi ada hal-hal privasi yang sebaiknya kita jaga. Keempat,pasang foto profil sewajarnya. Karena setiap yang berteman dengan kita akan melihatnya.

Kelima, dalam membuat status ada baiknya difikir terlebih dahulu, adakah manfaatnya, apakah akan mengundang kontroversi dll. Keeenam, jauhi perdebatan apabila pada hal yang tidak penting. Terkahir, pastikan akun kita memiliki proteksi yang baik.

Selain memberikan tips diatas, Ibu Erna juga memberikan kuis lewat aplikasi kahoot yang diikuti seluruh peserta forum yang hadir dengan antusias. Tiga peserta dengan nilai terbaik berhak mendapatkan doorprize dari Indosat. Itulah sebagian hasil Itikaf Literasi Gumeulis kali ini.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari