Connect with us

KANAL

Tugu Adipura Kota Tasikmalaya

|

Liputan Tugu Adipura Kota Tasikmalaya

Tugu Adipura awalnya terletak di kawasan depan masjid agung dan taman kota.
Dibangun pada masa bupati Tasikmalaya Bapak H. Adang Roosman, SH, sebagai simbol kenangan diraihnya piala adipura dari Presiden Republik Indonesia (kota sedang TERBERSIH) selama tahun 1993-1996, berkat penciptaan lingkungan yang bersih di Kec. Cihideung, Tawang, dan Cipedes (Kotif Tasikmalaya).

Di samping sebagai simbol, tentu pembangunan tugu adipura itu juga sebagai motivasi bagi pemerintah daerah dan masyarakatnya untuk terus menjaga kebersihan daerahnya. Membudayakan pola hidup bersih dan menciptakan kawasan lingkungan yang sehat serta indah.

Tugu Adipura yang di depan masjid agung sudah dirubuhkan

Seiring dengan waktu, Tasikmalaya dimekarkan menjadi dua, yaitu Kabupaten dan Kota. Tugu adipura terletak di area Kota Tasik. Perkembangan kota yang semakin hari semakin padat oleh kendaraan, pedagang kaki lima, hilir mudik warga, dan seiring dengan ditatanya taman kota depan masjid agung, maka Pemkot Tasikmalaya merubuhkan tugu adipura yang dibangun pada masa Pak H. Adang Roosman tersebut dan dipindahkan ke kawasan Simpang Padayungan. Tugu adipura yang baru telah selesai dibangun. Tugu ini sama persis bentuknya dengan tugu yang lama. Terletak di kawasan yang agak luas.

Perubuhan tugu yang lama dan pemindahan/ pembangunan kembali di kawasan simpang Padayungan pada awalnya diwarnai pro dan kontra. Meski ada warga yang pro dan kontra, Pemkot ‘keukeuh’ memindahkannya. Jadilah sekarang tugu yang baru.

Bagi kami warga Kota Tasikmalaya, yang paling penting dan mendasar adalah bukan masalah tugunya, tapi justru bagaimana Pemerintah Kota Tasikmalaya bersama semua warganya berupaya untuk menciptakan kota yang bersih dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Dengan modal APBD yang ada, Pemkot Tasikmalaya idealnya memiliki program ke arah itu sehingga pada tahun-tahun yang akan datang Kota Tasikmalaya dapat meraih Adipura yang sempat ‘menghilang’. Semoga.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung