Yayasan Wadhi Barkah Gelar Latihan Jurnalistik

KANAL0 views

KABARSEKOLAH.ID – Dalam upaya meningkatkan minat baca dan tulis di Kota Tasikmalaya, Yayasan Wadhi Barkah Tasikmalaya menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) di Hotel City, Rabu (14/12/2022).

Ketua Yayasan Wadhi Barkah Abdul Rohim, SE., menuturkan, peringkat Indonesia dalam minat baca dan tulis cukup rendah termasuk peringkat ke 62 dari 70 Negara menurut UNESCO Oktober 2022.

Berangkat dari itu, pihaknya melaksanakan kegiatan pelatihan tersebut untuk menumbuhkan minat baca dan tulis di kota tasik.

“Minimalnya mereka bisa mengabarkan yang sederhana, berawal dari isu yang ada di sekitar,”katanya.

Kegiatan ini, kata dia, merupakan kegiatan rutin Yayasan Wadhi Barkah yang di laksanakan minimal setahun sekali.

Kegiatan itu, diikuti puluhan peserta yang diambil dari berbagai sekolah dan kampus di Kota Tasikmalaya.

“Kita ingin mencetak generasi milenial yang melek teknologi digital. Sehingga mampu bersaing dan bersanding di tatanan ekonomi global,”terangnya.

Dia berharap, para peserta bisa berkolaborasi dengan para pelaku media khususnya dalam hal konten khas karya kota tasik sebagai upaya mengenalkan kearifan lokal.

“Semoga khas karya Tasik lebih bisa ditonjolkan dalam setiap konten-konten berita atau informasi, sebagai upaya mengenalkan kearifan lokal,”harapnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H. Muslim, S.Sos., M.Si menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut.

Dia menyebut, pelatihan ini bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam dunia karya tulis.

“Ini sangat diperlukan sekali dan masyarakat perlu tahu tentang berita atau informasi,”katanya.

Menurutnya, Mahasiswa dan pelajar dari SMA sederajat perlu diberikan pelajaran ekstra di luar pelajaran sekolah untuk mendalami seperti apa belajar tentang dunia jurnalistik.

“Agar kelak nanti mereka bisa menjadi penulis atau pemberi informasi yang benar dan bisa diterima oleh masyarakat. Dan ini untuk mengantisipasi berbagai berita hoax,”pungkasnya.

Komentar