Mahasiswa KKN Tematik Universitas Cipasung gelar Seminar di Aula Desa Ciheras sebagai Edukasi dan Upaya Pengembangan Desa Wisata

KOLOM24 views

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Cipasung Tasikmalaya mengelar acara Seminar Desa Wisata di Aula Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu, 14 September 2024

Seminar tersebut mengusung tema “Pengembangan Desa Wisata Melalui Edukasi Dalam Rangka Meningkatkan Potensi Di Desa Ciheras”. Turut hadir dalam kesempatan ini, Kepala Desa beserta Staff, Ketua Karang Taruna, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas), sejumlah Pelaku UMKM dan Masyarakat Desa Ciheras yang antusias mengikuti seminar tersebut.

Seminar ini bertujuan sebagai salah satu dari misi mahasiswa KKN-T Universitas Cipasung yang membawa tujuan untuk mengembangkan destinasi pariwisata daerah di Desa Ciheras. Menurut Ketua Pelaksana Seminar, Risma Rismalasari
mengatakan alasan menggelar kegiatan tersebut untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat Desa Ciheras mengenai wisata desa serta memberikan informasi tentang kelompok sadar wisata dan pengelola wisata juga memberikan edukasi dalam rangka meningkatkan potensi yang ada di desa Ciheras.

“Seminar ini merupakan langkah awal bagi masyarakat Desa Ciheras untuk mengetahui peran Pokdarwis dalam pemberdayaan masyarakat yang bisa menjadi desa wisata yang ada di kabupaten Tasikmalaya”, Jelasnya.

“Karena dengan adanya seminar ini bisa menjadikan Desa Ciheras menjadi maju dan berkembang dan mampu bersaing dengan desa-desa wisata yang lainnya,” tambahnya.

Selain itu, Para Mahasiswa KKN-T UNCIP menyayangkan potensi desa wisata dan wisata desa yang ada di Desa Ciheras ini YANG belum diketahui banyak orang dan tidak adanya kelompok sadar wisata dan Pendamping wisata yang ada.

“Kita selaku mahasiswa sangat menyayangkan di Desa Ciheras ini belum ada Pokdarwis dan pendamping wisata desa, kami berinisiatif membentuk Pokdarwis yang allhamdulilah sudah terbentuk pada tanggal 29 Agustus 2024, padahal disini banyak sekali potensi wisata dari kegiatan masyarakat sehari-hari juga dapat kita kemas untuk membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat yang ada di Desa Ciheras ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciheras Bapak Akh. Asruri mendukung penuh dengan adanya seminar ini dalam membantu masyarakat sebagai upaya pemberdayaan wisata desa yang ada di Desa Ciheras, beliau sangat senang sekali karena dalam peningkatan pariwisata ini sudah beliau rencanakan namun belum terealisasikan.

“Saya ucapkan terima kasih dan mendukung penuh anak-anak KKN yang sudah menggelar kegiatan seminar ini sangat membantu masyarakat sini untuk memberikan pengetahuan tentang peran Pokdarwis dan pengelola wisata,” ujarnya.

Ditambahkan Rahmat selaku Kepala dusun, mengharapkan masyarakat dan tokoh masyarakat dapat paham apa yang sudah dijelaskan dalam seminar yang diadakan oleh anak-anak KKN Universitas Cipasung Tasikmalaya, serta bisa menjadikan awal perubahan bagi perkembangan masyarakat Desa Ciheras.

“Mudah mudahan masyarakat dapat paham mengenai Desa Wisata dan Pendamping wisata yang sudah dijelaskan dalam seminar ini, dan saya harapkan seluruh elemen masyarakat dan anak anak KKN dapat bekerja sama dalam pengembangan desa wisata ataupun wisata desa karena ini menjadi awal perubahan yang bagus bagi kemajuan masyarakat Desa,” pungkasnya.

Komentar