SMPN Satap 4 Cipatujah Gelar Acara Pisah Sambut dalam rangka Pergantian Kepala Sekolah

KOLOM69 views

SMPN Satu Atap 4 Cipatujah yang berlokasi di Desa Pameutingan, Cipatujah, Kab. Tasikmalaya. Pada Selasa, 27 Agustus 2024 menggelar acara Pisah Sambut dalam rangka peralihan tugas Kepala Sekolah SMPN SATAP 4 Cipatujah. Acara ini mengusung tema “Pisah dengan Indah, Sambut dengan Lembut”. Meski digelar dengan sederhana, tidak sedikitpun mengurangi rasa hormat dan khidmatnya acara. Acara ini dihadiri oleh Guru/ Pengajar, Pemerintah Desa Pameutingan, Tokoh Masyararakat Setempat, Orang tua/wali siswa serta Mahasiswa Universitas Cipasung yang pada saat bersamaan sedang KKN di Desa Pameutingan.

Seremonial ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa terimakasih terhadap Yosep Rudiana M.Pd. yang telah mengabdi selama 2 tahun sejak 15 juli 2022 hingga 15 juli 2024. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan terimakasih atas antusiasme Warga Desa Pameutingan, terutama ketika beliau menceritakan pengalamannya 2 kali merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, ketika seluruh masyarakat Desa Pameutingan ikut upacara bendera yang sebelumnya tidak pernah beliau temui di kota-kota besar, yang hanya mengikutsertakan perwakilan masyarakat sebagai peserta.

Dalam halnya terkait SMPN Satap 4 Cipatujah, beliau menjelaskan, “Kegiatan di SMPN Satap 4 Cipatujah ini sebagai Edu Wisata, jadi selain pendidikan juga memberikan edukasi khusus bagi Masyarakat Desa Pameutingan”

“Kalian atau Kita boleh tinggal di pinggiran, tapi pemikiran kita jangan sampai pinggiran, kita harus siap bersaing dengan sekolah manapun” Jelasnya.

“Ada beberapa adik-adik (mahasiswa) yang Kuliah Kerja Nyata ke Desa Pameutingan, yang ditugaskan mengajar ke sekolah, bisa menjadi role model untuk memotivasi mereka (pelajar) supaya terus melanjutkan (ke jenjang yang lebih tinggi). Bahkan saya bangga sekali disini ada SMA Terbuka” tambahnya.

Yosep berpesan pada orang tua/wali siswa untuk terus mendukung SATAP 4 dan SMATER yang bisa mengangkat pendidikan disini, karena tanpa sekolah tersebut, mungkin hanya beberapa orang yang bisa melanjutkan pendidikan, terlebih dengan keterbatasan aksesibilitas dengan sekolah terdekat.

Diketahui, Yosep Rudiana akan dialihtugaskan menjadi Kepala Sekolah SMPN 3 Pancatengah. Sebagai gantinya, Ade Iwan S.Pd.I., M.Pd.I. diangkat sebagai Plt Kepala Sekolah SMPN Satap 4 Cipatujah. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Kepala Sekolah definitif di SMPN 1 Karangnunggal sekaligus Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Wilayah Karangnunggal yang membawahi 42 sekolah di 6 kecamatan.

Dalam sambutan pertamanya, selaku Kepala Sekolah Baru SMPN Satap 4, beliau menyatakan, SMPN Satap 4 Cipatujah memiliki potensi yang luar biasa yang tidak ia temukan di sekolah lain. SMPN Satap 4 memiliki “grade” yang bisa disebut unggulan dari segi prestasi. Dengan ditopang lokasi sekolah yang strategis dekat dengan pemukiman dan pemerintah desa, bersebelahan dengan SD & PAUD serta Masjid yang berada di tengah-tengah kompleks pendidikan. Ini menjadi satu-satunya sekolah yang menawarkan religius islami yang sejalan dengan visi misi Kabupaten Tasikmalaya.

Ade Iwan juga menuturkan potensi luar biasa dari jumlah siswa yang dimiliki, dari 16 Satap yang terdapat di Tasik Selatan, hanya 2 yang memiliki 4 rombel, salah satunya SMPN Satap 4 Cipatujah
Sehingga dengan SDM sebanyak ini perlu dijaga dan dikelola dengan sebaik-baiknya.

Ade Iwan bertekad untuk mempertahankan prestasi yang telah dicapai oleh SMPN Satap 4 selama kepemimpinan Yosep Rudiana dan berinovasi memberdayakan potensi yang dimiliki.

Acara ini dihiasi dengan persembahan kreasi seni dari siswa-siswi SMPN Satap 4 yang melantunkan beberapa buah lagu untuk mengenang kebersamaan bersama Kepala Sekolah lama mereka, bahkan Kepala Sekolah turut nyanyi bersama anak-anak dan terbawa suasana harmoni.

Komentar