Tingkatkan Kompetensi Guru, Sembilan Kepala SMK Swasta di Pangandaran Inisiasi Diseminasi PKB Mandiri

KOLOM10 views

SMK Putra Pangandaran menjadi tuan rumah kegiatan Diseminasi Pelatihan Keterampilan Belajar Satuan Pendidikan untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Mandiri Pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

Diseminasi yang diikuti perwakilan dari 24 SMK swasta di Pangandaran ini bertujuan untuk memperluas pemahaman serta memperdalam keterampilan dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Menurut Kepala SMK Al Kautsar Kalipucang Muhamad Irfan Agus Mauludi, salah satu inisiator kegiatan ini menuturkan jika kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan hasil pelatihan diseminasi yang sebelumnya diadakan di Kabupaten Tasikmalaya bekerja sama dengan Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan sebelumnya pada 20 September hingga 3 Oktober 2024, kata Irfan”

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman kepala sekolah dan guru perihal visi sekolah, refleksi pendidikan, dan penggunaan platform Merdeka Mengajar. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong kemandirian profesionalisme guru melalui kegiatan PKB Mandiri.

Masih menurut Irfan, salah satu fokus utama materi yang disampaikan dalam diseminasi ini adalah pengenalan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Platform ini menjadi alat penting bagi para guru dalam mendukung proses belajar mengajar yang lebih inovatif dan sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.

“Kami melihat antusiasme luar biasa dari para peserta, jauh melebihi ekspektasi kami sebagai panitia. Harapannya, peserta kegiatan ini dapat meneruskan dan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di sekolahnya masing-masing,” pungkas Irfan.

Sebagai informasi, diseminasi ini diinisiasi oleh sembilan Kepala SMK swasta di Pangandaran antara lain Kepala SMK Teknologi Modern Kalipucang, Kepala SMK Bhakti Kencana Pangandaran, Kepala SMK Pasundan Padaherang, Kepala SMK Plus Maarif NU Parigi, Kepala SMK Al Kautsar Kalipucang, Kepala SMKN 1 Cimerak, Kepala SMK Putera Pangandaran, dan Kepala SMK Al Masturiyah Langkaplancara.

Komentar