Wakil Bupati Pangandaran: SBK Penjaga Keutuhan Bangsa

KANAL3 views

KABARSEKOLAH.ID – Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan menghadiri acara Gelar Pamit Alumni Kelas Multikultural Angkatan ke IV SMK Bakti Karya Parigi (SBK) pada Sabtu, 4 Juni 2022.

 

Pada kesempatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Badan Pegawai dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dani Hamdani, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Kabupaten Pangandaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran Usep Ependi.

 

Ujang Endin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi program kelas multikultural di SBK. Kelas multikultural ini telah menjadi ruang pertemuan sosial.

 

Menurutnya, SBK melalui kelas multikultural telah menjadi salah satu agen penting penjaga keutuhan bangsa.

 

“Bicara pendidikan berarti bicara masa depan bangsa. Menurut saya, SBK adalah salah satu agen penting penjaga keutuhan bangsa,” kata Ujang Endin.

 

Ujang Endin menyebutkan, SBK harus didukung, karena telah berhasil menyelenggarakan pendidikan yang bisa mempertemukan peserta didik dari berbagai macam suku dan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

 

Pada bagian lain, penggagas kelas multikultural Ai Nurhidayat menerangkan jumlah peserta didik yang dinyatakan lulus dan target selepas mereka lulus.

 

“Sebanyak 30 peserta didik telah dinyatakan lulus tahun ini. Peserta didik tersebut berasal dari 13 Provinsi. Mereka tersebut telah berikrar sebagai peace worker (pekerja perdamaian). Kelak mereka akan menjadi pendamai di daerahnya masing-masing,” tutur Ai dalam sambutannya.

 

Ai juga mengatakan bahwa saat ini dunia tengah menghadapi sekurang-kurangnya tiga krisis. Pertama, adalah krisis ekologi (lingkungan hidup). Kedua, krisis sosial, dan ketiga adalah krisis spiritual.

 

Menurut Ai, peserta didik lulusan SBK juga harus punya peran sebagai solusi atas tiga jenis krisis tersebut.

 

Ai juga menganjurkan, lulusan SBK dapat turut serta membangun ruang perjumpaan sosial untuk merawat keragaman dan menguatkan perdamaian di daerahnya masing-masing.

Komentar