oleh

Siswa SMK Pelita Nusantara Ikuti Pelatihan UMKM Digital

Siswa SMK Pelita Nusantara mengikuti kegiatan “Pelatihan Percepatan Transformasi Bisnis Pelaku UMKM Desa Harumandala Go Digital”.

Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Harumandala merupakan penyelenggara kegiatan ini yang didukung secara penuh oleh pemerintah Desa Harumandala, Pemprov Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui kerja sama dengan Shopee Centre.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni hari rabu-kamis tanggal 15-16 Desember 2021 yang bertempat di kampus SMK Pelita Nusantara, Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran.

Tema dari kegiatan ini adalah “Tinggal Dikampung, Rejeki Kota dan Bisnis Yang Mendunia”.

Tidak hanya siswa yang terlibat dalam kegiatan ini tetapi juga masyarakat desa, unsur pemuda yang terlingkup dalam masyarakat Desa Harumandala.

Tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan minat motivasi dan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan era digital secara produktif.

Selain itu pelatihan ini bertujuan untuk membuat toko online sehingga produk UMKM Masyarakat Desa Harumandala berkembang dan terangkat.

Tujuan Spesifik bagi pelajar dalam kegiatan ini ialah untuk mengarahkan siswa dalam penggunaan internet secara positif, prouktif dan terarah.

Hari pertama, peserta mengikuti materi yakni teknis pembuatan akun pemasaran pada aplikasi Shopee.

Kegiatan berlanjut dengan materi tentang pembuatan toko online pada aplikasi shopee dan juga manajemen strategi pengeloaan toko online.

Hari kedua tak kalah menarik, kegiatan di sini dengan materi strategi pemasaran online oleh Budianto seorang manajer yang mengelola Kelompok Usaha Bersama.

Pemateri Budianto memaparkan pengalamannya dalam mengelola bisnis secara online. Jatuh bangun dalam menjalankan usaha menjadi pengalaman yang menarik untuk dibagikan kepada para peserta

Budianto selaku pemateri yang memimpin kelompok usaha bersama bernama Bina Lestari telah memiliki omset 1,2 miliyar per tahun.

Semoga jejak langkah ini bisa menjadi inspirasi bagi para peserta sehingga UMKM yang berada di Desa Harumandala bisa maju bersama.

Materi lainnya yakni tentang kesolidan dalam manajemen, mengelola dinamika kelompok.

Berfoto bersama menjadi tanda berakhirnya kegiatan pelatihan ini.

 

Komentar

News Feed