Suka Duka Masa Putih Abu-Abu

KOLOM, SISWA13 views

Oleh : Salma Alya Kaltsum

Siswi Kelas XII IPA 5

 

Orang bilang masa yang paling berkesan yaitu masa SMA. Sebelum memasukiSMA, banyak cerita dari kakak kelas tentang betapa seru dan bahagianya masa–masa itu. Masa di mana saat memasuki remaja dan pasti punya banyak pengalaman yang seru dan menyenangkan. Putih abu-abu atau masa SMA disebut-sebut sebagai masa yang paling indah. Masa peralihan dari remaja menuju dewasa. Ada juga yang mengatakan masa SMA itu adalah masa pencarian jati diri. Masa SMA memang penuh dengan lika-liku, dari cerita cinta, persahabatan, kekonyolan, hingga kenakalan.

Setelah memasuki masa SMA, semua yang sudah didengar menjadi kenyataan dan ikut serta dirasakan. Sejak kelas 10 hingga kelas 12 sekarang, sudah terlewati dengan berbagai suka dukanya. Ada hal positif dan ada juga hal negatif yang datang. Namun, hal-hal negatif dapat teratasi dengan cara tetap tenang, dan terus belajar agar bisa menjalaninya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Hal itu karena penulis selalu berusaha untuk menghindari konflik yang bisa terjadi kapanpun pada saat di sekolah. Tidak hanya itu, penulis juga berusaha untuk bisa berbaur dan berinteraksi dengan baik bersama orang-orang di sekolah.

Dengan begitu, banyak hal lain yang justru melatih pola pikir dan tindakan untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik. Selama itu pula, penulis jadi semakin mengenali diri sendiri. Tidak hanya itu pada masa ini juga setiap individu lebih tahu apa yang disukai dan tidak disukai sehingga lebih percaya diri dalam melakukan apa yang disukainya. Selain itu juga jadi mengerti arti pertemanan yang tulus itu bagaimana. Setiap langkah dan catatan perjalanan sewaktu di SMA akan menjadi kenangan dan menjadi memori terindah dalam hidup.

Hal itu menjadi pelajaran hidup yang berharga untuk melangkah menggapai masa depan. Selalu ada saat senang ataupun usah ketika masa SMa. Ada sahabat yang selalu setia saat down, entah karna nilai ulangan jelek, karna hal-hal tidak penting, atau atau karena patah hati, dan ada juga sahabat yang selalu mensuport saat berkompetisi atau mencapai sesuatu yang diinginkan. Suka duka masa SMA memang tak dapat dituangkan dengan berbagai kata, hanya dapat dinikmati dan dikenang dengan senyuman. Semoga generasi saat ini dapat menjadi generasi yang sukses di masa yang akan datang nanti.

Komentar