Memanfaatkan Google Form Pada Pembelajaran Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup

KOLOM13 views

Oleh:

RINI ANDRIANI, S. Pd.

Guru SDN Saguling Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya

 

Salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 6 adalah mengisi formulir daftar riwayat hidup, pembelajaran tersebut berada pada 6 Tema 5 Wirausaha Subtema 2 Usaha di Sekitarku pembelajaran 3. Daftar riwayat hidup adalah dokumen atau catatan yang menggambarkan diri pribadi seseorang.

Pada pembelajaran tentang mengisi formulir daftar riwayat hidup, siswa diajarkan mengenai pengertian, pengisian kolom-kolom dan manfaat riwayat hidup. Siswa juga diajarkan bahwa formulir riwayat hidup digunakan untuk mencari pekerjaan, mendaftar menjadi anggota organisasi dan sebagainya.

Pembelajaran dengan materi mengisi formulis riwayat hidup merupakan materi yang penting dikuasai oleh siswa, karena siswa dapat mengenaoi lebih mendalam mengenai identitias diri sendiri, dan sangat berguna alam kegidupan sehari-hari terutama untuk masa depannya. Dengan mempelajari materi ini pula, siswa diharapkan memiliki kesadaran untuk dapat memelihara seluruh dokumen pribadinya.

Pembelajaran mengisi formulir daftar riwayat hidup biasanya dilakukan dengan melakukan praktif mengisi contoh formulir yang disediakan oleh guru atau menyalin dari buku sumber, selanjutnya siswa berlatih mengisi formulir tersebut, guru akan meminta siswa mengisi dengan jelas dan lengkap data-data tersebut sesuai dengan dokumen sebenarnya, misalnya nama harus lengkap, alamat rumah, tempat tanggal lahir dan sebagainya. Hal ini sangat penting supaya menjadi kebiasaan siswa, karena data yang benar dan jelas sangat membantu pemrosesan daftar riwayat hidup tersebut sesuai keperluannya.

Menyampaikan daftar riwayat hidup seperti diuraikan di atas, memang tidak salah, cukup berhasil karena siswa dapat langsung mempraktikkan mengisi formulir. Tetapi penulis sebagai guru kelas 6 di SDN Saguling Kecamatan Kawalu, mencoba melakukan inovasi pembelajaran dengan melakukan variasi pengisian formulis daftar riwayat hidup tersebut. Dengan tujuan lebih mengenalkan pada penguasaan IT, dan kelaziman saat ini, guru mengajak siswa untuk belajar mengisi formulir daftar riwayat hidup melalui aplikasi google form.

Aplikasi google form memang dirancang salah satunya untuk mengisi format pendaftaran yang berhubungan dengan identitas orang yang mengisinya. Kolom-kolom pada pendaftaran ini dapat dimodifikasi sesuai penggunanya, dengan demikian guru dapat membuat format sesuai diinginkan yaitu format daftar riwayat hidup. Pengisian google form ini juga daoat dilaksanakan dengan memanfaatkan fasilitas chromebook yang tersedia di sekolah. Perangkat tersebut berasal dari bantuan provinsi, jumlahnya cukup banyak, meskipun tidak memenuhi jumlah seluruh siswa kelas 6 tetapi dapat digunakan bersama-sama secara efektif.

Variasi pembelajaran menggunakan google form, ternyata mendapat respon sangat baik dari siswa, mereka terlihat sangat bersemangat untuk mengisi format pada googleform tersebut. Mereka terlihat saling membantu dengan teman apabila ada yang mengalami kesulitan. Guru pun dengan mudah dapat melakukan penilaian setiap formulir yang dikirim oleh siswa, memberikan apresiasi dan memberikan konfirmasi kesalahan siswa.

Bebearapa manfaat yang dirasakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan google form diantaranya; motivasi dan partisipasi belajar siswa sangat tinggi; menambah keterampilan guru menggunakan fasilitas google form, pembelajaran sangat menyenangkan bagi siswa; pemahaman materi siswa sangat baik bahkan siswa pun dikenalkan cara pembuatan gooleform, apabila waktu memungkinkan, fasilitas IT yang terdapat di sekolah dapat dimanfaatkan secara efektif.

Komentar