Kemeriahan Kegiatan Haransi Di SDN Rancabendem

KIPRAH5 views

BUNGURSARI. Memperingati Hari Literasi Internasional yang jatuh pada hari Kamis (8/9/2022) dan Hari Olahraga Nasional pada hari Jum’at (9/9/2022), SDN Rancabendem Kota Tasikmalaya gelar kegiatan bertajuk HARANSI akronim dari Hari Olahraga Nasional dan Literasi.

Kegiatan Haransi bertujuan untuk menggali potensi siswa dan meningkatkan pengalaman belajar siswa. Siswa harus banyak praktek ketimbang teori. Setiap siswa memiliki potensi beranekaragam ada yang cerdas secara verbal, visual, ada juga yang cerdas secara kinestetik. Semua harus digali sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara bahwa setiap anak harus berkembang sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya masing-masing. Maka dari itu pendidikan di sekolah harus mencakup ranah olahraga, olah rasa, dan olahkarsa/karya. Tidak hanya itu kegiatan haransi juga merupakan kegiatan untuk menumbuhkan semangat juang, wemangat kebersamaan (persatuan dan kesatuan), dan semangat gotong royong.

Pada hari pertama dalam kegiatan memperingati Hari Literasi Internasional (8/9/2022) kegiatan sempat terkendala karena hujan padahal siswa-siswi sudah siap-siap dilapangan. Sejenak hujan menghentikan kegiatan haransi, sehingga membuat risau para panitia dan siswa. Namun, semangat yang menyala tak bisa padam begitu saja. Begitu hujan reda, kegiatanpun berlanjut dengan setting penonton yang berbeda yang semula duduk bersila diatas terpal, menjadi duduk rapi diatas kursi. Namun, kegiatan tetap dilaksanakan dengan semangat dan ceria.

     

Pada hari Kamis (8/9) siswa-siswi kelas 1, 2, dan 3 digelar lomba bercerita dan lomba baca puisi. Sedangkan untuk kelas 4, 5, dan 6 yaitu lomba membaca UUD 45, lomba pembawa acara upacara, dan lomba tatalu. Pada hari Jum’at (9/9) dilaksanakan kegiataan SKJ Pelajar secara serentak diikuti oleh seluruh siswa SDN Rancabendem. Dilanjutkan dengan kegiatan lomba lari estafet untuk kelas 1, 2, 3 dan lomba kasti untuk kelas 4, 5, dan 6. Adapun final dan pembagian hadiah oleh sekaligus penutupan dilaksanakan pada hari Sabtu (10/9).

“Melalui kegiatan Haransi ini siswa juga diingatkan bahwa tanggal 8 September adalah Hari Literasi Internasional dan tanggal 9 September adalah Hari Olahraga Nasional Nasional. Haransi merupakan sebuah upaya Gerakan Pembudayaan membaca dan olahraga sejak dini, meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap baca-tulis dan olahraga tradisional, serta meningkatkan wawasan dan kebugaran jasmani siswa”. Pungkas Ima Nurhasanah selaku ketua pelaksana Haransi.

Komentar