Connect with us

KOMUNITAS

Kado Milad ke-4 Forum Guru Menulis

|

Empat tahun lalu, tepatnya 27 Pebruari 2015, bertempat di Saung Gunung Djati Kota Tasikmalaya, Forum Guru Menulis (GUMEULIS) Tasikmalaya dideklarasikan pendiriannya oleh sejumlah tokoh dan praktisi pendidikan.

Pendirian forum ini sebagai upaya memberdayakan para guru dalam mengembangkan bakat atau potensi menulisnya. Menulis merupakan satu diantara empat keterampilan bahasa yang paling sulit, termasuk di kalangan para guru. Forum ini lahir guna meminimalisasi atau menghilangkan kesulitan tersebut. Minimal para guru memiliki kemauan dan kemampuan menulis walaupun tulisannya sederhana, yang penting bermakna dan membantu mereka membuka wawasan serta menumbuhkan keterampilan.

Forum gumeulis telah beberapa kali mengadakan pelatihan dan pendampingan bagi para guru. Tulisan para guru yang tergabung dalam gumeulis sering dimuat di berbagai media massa. Banyak buku yang terbit hasil karya para guru yang tergabung dalam forum Gumeulis. Jurnal inkripsi pun lahir dari Gumeulis ini.

Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin banyaknya tuntutan para guru dalam mengembangkan profesinya, maka bertepatan dengan milad ke 4 tanggal 27 Pebruari 2019 para pembina dan pengurus gumeulis memutuskan untuk membuat sebuah yayasan yang diberi nama YAYASAN GURU MENULIS (GUMEULIS). Pendaftaran yayasan tersebut dilakukan Hari Rabu ke Notaris Heri Hendriyana.