SEMARAK LAUNCHING TIGA BUKU PELAJAR DAN SATU BUKU GURU

KOMUNITAS1 views

Hari Jum’at, 20 Mei 2022, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2022, Pukul 13.00 – 16.30 Wib, bertempat di Gedung Galih Prawesti, GERakan Literasi Pelajar (GERLIP) Tasikmalaya dan Forum GUru MEnULIS (GUMEULIS) Tasikmalaya melaunchingkan tiga buku karya 158 peserta didik SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah Se-Kota Tasikmalaya (berjudul: Buah Literasi Peserta Didik SMA dan SMK; Buah Literasi Peserta Didik Madrasah Aliyah; Pesan Dalam Imajinasi Peserta Didik MA, SMA, dan SMK) serta satu buku karya 30 Guru Penulis Kota dan Kabupaten Tasikmalaya (berjudul: Dari Guru Tasikmalaya untuk Guru Indonesia). Keempat buku langsung dilaunching oleh Walikota Tasikmalaya, Bapak H. Muhammad Yusuf.

Hadir pada acara tersebut kurang lebih 300 orang, yang terdiri dari para pejabat Kota Tasikmalaya (Walikota, Wakil Ketua DPRD, Asda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tasikmalaya, KCD 12, Kepala Disdik Kota Tasikmalaya, Kemenag Kota Tasikmalaya), para pengurus dan penasihat berbagai forum literasi di Tasikmalaya (GERLIP, GUMEULIS, Forum TBM, TULIP, FORMALISTA), para kepala sekolah SMA-SMK-MA, para pembina literasi, para guru, dan para peserta didik. Semua secara serempak menyaksikan launching dengan penuh kebahagiaan dari awal sampai akhir.

Sebelum dan di saat acara, ada beberapa penampilan kreasi seni dari peserta didik dan guru, seperti puisi, sajak, nasyid, pidato, story telling, vocal grup siswa, vocal grup Suara Guru, Musikalisasi Puisi, dan lain-lain.

Acara dimulai dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al Qur’an, do’a, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia, Tina Agustina. Dalam sambutannya, Teh Tina menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan menyukseskan acara ini. Apresiasi yang luar biasa kepada para panitia yang begitu solid merencanakan dan menyelenggarakan acara ini. Kemudian ada sambutan Pembina GERLIP dan GUMEULIS, yaitu Bapak Asep M Tamam. Beliau menceritakan proses penyusunan buku dari awal sampai akhir dan menyampaikan rencana program serta harapan ke depan tentang perkembangan literasi di Kota Tasikmalaya.

Berikutnya adalah prosesi launching buku. 158 peserta didik dan 30 guru tampil ke panggung (dibagi tiga sesi) sambil memegang buku dan salah seorang diantara mereka memberikan sambutan singkat kemudian berfoto bersama Pak Walikota dan pejabat yang hadir.

Setelah prosesi launching, barulah sambutan Walikota. Dalam sambutannya, Pak Walikota menyampaikan apresiasi terhadap terselenggaranya acara ini. Acara ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan literasi di Tasikmalaya, bahkan diharapkan tahun ini menjadi tahun Literasi Kota Tasikmalaya sehingga kota Tasikmalaya ke depannya dapat dijuluki sebagai Kota Literasi. Beliau juga mengapresiasi inisiatif dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah terhadap edaran satu buku satu ASN dan adanya Kampung Literasi di Kota Tasikmalaya. Diharapkan setiap setiap ASN di Kota Tasikmalaya minimal dapat memiliki karya satu buku. Kepada Kepala Dinas Pendidikan, beliau berpesan agar semua stakeholders pendidikan mampu bersinergi dengan berbagai pihak untuk menggerakkan dan menggeliatkan kegiatan literasi di Kota Tasikmalaya. Di akhir sambutan beliau melaunching keempat buku dan mengutarakan pantun yang berkaitan dengan literasi.

Begitu selesai sambutan Walikota, diteruskan dengan pemberian penghargaan Walikota kepada 50 penggerak literasi di Kota Tasikmalaya, yang secara simbolis diberikan kepada 15 orang.

Sesudah pemberian penghargaan, dilanjutkan dengan pemberian cenderamata empat buku kepada Bapak Walikota dan para pejabat yang hadir, yang diberikan oleh perwakilan para penulis, perwakilan forum literasi Tasikmalaya, duta literasi Tasikmalaya, dan pembina literasi Tasikmalaya.

Begitu acara selesai dan berfoto bersama yang hadir, pak Walikota menyempatkan berjalan menuju bazar buku di dekat pintu masuk dan beliau langsung membeli beberapa buku yang dipajang.

Terima kasih Pak Walikota dan semua yang hadir, dengan semangat dan sabarnya menyaksikan acara dari awal sampai akhir. Semoga kontribusi, kepedulian, perjuangan, dan pengorbanan semua pihak dalam mengembangkan literasi dibalas Allah Swt dengan pahala berlipat ganda. Aamiin.

Komentar